Kenakan Rompi Bertuliskan Syahadat, Luhan Eks EXO Dikecam

nap - INSERTLIVE
Selasa, 02 Jun 2020 14:30 WIB
Luhan
Jakarta, Insertlive -

Xi Luhan, eks personel EXO yang sekarang bersolo karier menjadi sorotan. Ia menuai kecaman karena mengenakan rompi denim yang di bagian kantongnya dihiasi tulisan Arab yang merupakan kalimat syahadat. 

Banyak yang kecewa dan tersinggung saat melihat rompi yang dikenakan artis asal China tersebut, terutama umat Muslim. 

Mereka mengungkapkan bahwa tulisan syahadat yang terdapat di rompi Luhan merupakan kalimat suci dan sakral yang memiliki arti yang tak sembarangan.



Mereka sangat menyayangkan karena kalimat syahadat tersebut memiliki arti yang dalam dan biasa diucapkan bagi seseorang yang ingin masuk Islam atau mualaf, dan tak bisa digunakan sembarangan.

Hal ini membuat netizen menyampaikan kekesalannya di Twitter. Mereka menilai bahwa rompi yang dikenakan Luhan tak menghormati umat muslim. Mereka juga meminta agar desainer berhenti menggunakan bahasa untuk estetika.

Bahkan, beberapa netizen menyinggung soal muslim Uighur di China yang dipersulit untuk menjalani ibadah mereka sebagai umat Islam. 

Namun, ada juga yang menilai bahwa pakaian itu bukan kesalahan Luhan, lantaran biasanya pakaian yang dikenakan sang artis sudah dipilihkan penata gayanya. 

Netizen juga meminta untuk tidak membawa-bawa EXO dalam masalah ini karena Luhan diketahui sudah keluar dari grup yang membesarkan namanya itu sejak 7 tahun yang lalu. 

"Luhan mengenakan rompi dengan tulisan kalimat syahadat..seharusnya desainer berhenti menggunakan kalimat untuk keindahan. Seharusnya mereka tahu jika itu tulisan sakral," ucap @taenyri.

"Aku tak tahu apakah itu adalah kesalahannya atau penata gayanya. Ini terlalu menentang," ucap @fluffychriss.

Meski demikian, netizen menuntut permohonan maaf dari Luhan karena mengenakan kalimat syahadat pada rompi yang dikenakannya. 

"Luhan salah dan aku harap dia meminta maaf dan tidak melakukannya lagi, tapi jauhkan EXO dari hal ini. Luhan adalah mantan personel EXO," ucap xiuuloey.

[Gambas:Video Insertlive]



(nap/fik)
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER