Aksi Protes Feminis Natalie Portman lewat Jubah di Oscar 2020

SYAFRINA SYAAF - INSERTLIVE
Senin, 10 Feb 2020 13:17 WIB
Aksi Protes Feminis Natalie Portman lewat Jubah di Oscar 2020
Jakarta, Insertlive - Academy Awards ke-95 telah sukses terselenggara di Dolby Theatre, Amerika Serikat, Minggu (9/2) waktu setempat.

Perhelatan Oscar tak hanya menyoroti para nominator tetapi juga busana yang dikenakan para artis Hollywood. Salah satu yang menarik perhatian adalah gaun pilihan Natalie Portman.

Natalie mengenakan gaun karya rumah mode Christian Dior berkerah tinggi dengan paduan warna emas dan hitam. Jubah hitam panjang melengkapi penampilan Natalie tampak memikat.


Layaknya seorang perancang yang mengekspresikan ide dan emosi lewat koleksi busana, Natalie Portman pun menyuarakan protes melalui jubahnya.

Pada tepi jubah Natalie  terlihat barisan nama-nama sutradara wanita yang tidak terpilih sebagai nominasi Oscar padahal telah menelurkan barisan karya sinema unggulan.

Aksi Protes Feminis Natalie Portman lewat Jubah di Oscar 2020Foto: Istimewa


Bersulam emas nama-nama sutradara wanita seperti Lulu Wang (The Farewell), Greta Gerwig (Little Women), Melina Matsoukas (Queen & Slim), Kasi Lemmons (Harriet), Lorene Scafaria (Hustlers), Marielle Heller (A Beautiful Day in The Neighborhood), dan Alma Har'el (Honey Boy) dibordir dengan indah pada jubah Natalie. 

"Saya ingin mengenalkan pada dunia para (sutradara) wanita yang tidak dikenal, tetapi memiliki karya luar biasa , terutama tahun ini, dengan cara halus saya," kata Natalie kepada Amy Kaufman, reporter L.A. Times.

Sebelumnya, Kirsten Schaffer, Executive Director of Women in Film, merilis pernyataan ketika nominasi diumumkan pada publik.

Kirsten mengungkapkan bahwa kurangnya kehadiran pelaku sinema wanita yang dinominasikan untuk penghargaan dalam film dokumenter, film pendek, dan kategori teknis.

Academy Awards, kata Kirsten, sepanjang sejarahnya hanya menominasikan lima wanita sebagai sutradara wanita.

Kathryn Bigelow adalah satu-satunya wanita yang telah memenangkan Academy Awards untuk film The Hurt Locker pada tahun 2009.

[Gambas:Video Insertlive]

(des/des)
KOMENTAR
POPULER