Saingi Karya Seni Pisang, Durian Nempel di Tembok Dijual Rp2,2 Miliar

Agustin Dwi Anandawati - INSERTLIVE
Jumat, 13 Dec 2019 12:25 WIB
Usai karya seni pisang, Durian Tape To White Wall dari Singapura berhasil menjadi viral dan dijual dengan harga Rp2,2 miliar.
Jakarta, Insertlive - Karya seni pisang yang dijual dengan harga US$120 ribu atau setara dengan Rp1,7 miliar membuat geger publik. Kini, dunia seni kembali dihebohkan dengan munculnya karya seni durian yang ditempelkan di dinding.


Karya seni bernama Durian Tape To White Wall itu dijual melebihi karya seni pisang, yakni seharga US$163 atau setara dengan Rp2,3 miliar. Dilansir dari World Buzz, karya seni itu dibagikan oleh 99 Old Trees lewat postingannya di Facebook pada Senin (9/12).


Dalam captionnya 99 Old Tress menulis keterangan lengkap tentang karya seninya. "Terlihat seperti karya seni, tercium seperti bau kentut,".


Bukan hanya sekadar ikut-ikutan, karya itu memiliki filosofi untuk mengingat perjuangan nenek moyang mereka di masa lalu saat menghadapi penjajahan.


"Seni perbudakan durian dibuat sebagai pengingat perjuangan nenek moyang kita di masa lalu. Lakban itu sendiri menggambarkan penindasan yang terjadi di masa kolonial," sambung tulisan tersebut.

Perekat yang berbentuk huruf X sendiri melambangkan penindasan yang terjadi di zaman penjajahan dulu. Durian itu yang ditempel itu memiliki berat sekitar 2,15 kilogram.

Sebelum Durian Tape To White Wall, karya seni pisang berhasil menjadi viral karena harga jualnya yang fantastis. Karya seni itu sendiri diciptakan oleh seorang seniman Italia, Maurizio Cattelan, dan dipamerkan di Paris, Prancis.

[Gambas:Video Insertlive]

(agn/fik)
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER