30 Tahun Anne Avantie Berkarya untuk Indonesia

Putu Rida - INSERTLIVE
Senin, 08 Jul 2019 23:08 WIB
30 Tahun Anne Avantie Berkarya untuk Indonesia
Jakarta, Insertlive - Nama Anne Avantie memang sudah sangat populer di dunia tata busana Indonesia. Selama 30 tahun Anne konsisten berkarya dan mendedikasikan kreativitasnya untuk bangsa.

Di tahun 2019 ini Anne berbagi napak tilas perjalanan karirnya selama 30 tahun. Begitu banyak cerita dan pengalaman selama Anne berkarir.

"Saat ini sudah 30 tahun berkecimpung di dunia fashion, dan selama 30 tahun itu saya konsisten di bidang saya, sampai di tahun 2019 ini adalah napak tilas 30 tahun Anne Avantie berkarya untuk Indonesia," kata Anne saat ditemui di Grand Indonesia, Jakarta, Senin (8/7).

Perjalanan selama 30 tahun itu juga membuat Anne banyak mendapatkan penghargaan. Ia merasa bahagia karena karyanya mendapat apresiasi dari masyarakat.

"Tentunya penghargaan itu adalah apresiasi yang diberikan masyarakat untuk saya secara pribadi, dimana mereka bisa merasakan apa manfaat kebaikan, apa dampak positif yang tidak hanya berada di seputar dunia fashion, tapi bisa menginspirasi dunia industri, bisa menjadi sosok perempuan yang bisa memberikan manfaat kebaikan dalam hubungan pekerjaan, keluarga dan ke sesama," kata Anne.

Karya-karya Anne dinilai memiliki ciri khas yang tidak ada duanya. Sehingga orang-orang yang mencintai karya dari Anne selalu tahu ciri khasnya.

Anne percaya setiap karyanya punya makna yang dalam dan punya pesan moral. Hal itu membuat semua orang paham dan bisa melihat ciri khas setiap keryanya.
 
"Saya percaya setiap detik, langkah, jengkal dan kreativitas itu ada makna yang dalam, ada pesan moral yang dalam sehingga orang yang melihat bisa membaca ini bikinan siapa, dan masyarakat sudah pintar untuk melihat personal branding itu bisa menempel pada sebuah karya, jadi bukan semata-mata karena bajunya bagus, kata Anne.

Anne sendiri mengaku tidak selesai mengenyam pendidikan di sekolah. Bahkan ia juga tak pernah mendapat materi akademik tentang dunia tata busana. Sehingga setiap karya Anne didesain dengan natural dari ide dan krativitasnya.

Namun justru dengan keterbatasan itu Anne berusaha untuk menjadi yang terbaik. Ia membuktikan mampu memanfaatkan kesempatan yang ada untuk berkarya.

"Tuhan memberikan energi yang luar biasa kepada saya, apa yang saya punya, orang lain tidak punya, apa yang orang lain punya, saya tidak punya, jadi tidak menutup kemungkinan segala kesempatan itu bagi bunda adalah emas, tidak ada kesempatan perak atau perunggu," kata Anne.

Anne selalu menghargai karunia Tuhan lewat ide, inspirasi, imajinasi yang dituangkan ke dalam desain fashion. Hal itu yang membentuk karakter dari setiap karya-karya Anne.

"Di dalam sebuah karya itu ada roh yang menghidupkan, ada doa yang selalu menyertai sehingga karya Anne Avantie selama 30 tahun merupakan sebuah karya yang senantiasa hidup di dalam hati para pecinta karya Anne Avantie," kata Anne.

Anne AvantieAnne Avantie/ Foto: Marianus Harmita

Wanita berusia 65 tahun itu punya satu hal yang selalu menjadi pegangan hidupnya. Menurut Anne, adat dan budaya Indonesia adalah hal terbaik untuk dipahami dalam menjalani kehidupan.

"Ada satu yang selalu bunda pegang dalam hidup adalah tata krama, kemudian merasakan adanya etika yang harus tetap terjaga, supaya apa yang kita lakukan itu tidak menjatuhkan dan melukai orang lain, sehingga kita bisa menapaki perjalanan karir yang baik, yang memberkati banyak orang dan juga didoakan oleh orang lain, manfaatnya bisa berarti untuk sesama," kata Anne.

Memang bukan perjuangan yang mudah bagi Anne membangun karirnya selama 30 tahun. Jatuh bangun telah dirasakan selama menggeluti dunia fashion di tanah air.

Karya Anne memang telah dicintai oleh berbagai kalangan di Indonesia. Bahkan karyanya yang bertajuk kebaya pertiwi untuk sebuah maskapai ternama di Indonesia menjadi pusat perhatian dan dikagumi oleh banyak pihak. Ia merasa ini sebagai sebuah hasil perjuangan kerasnya selama 30 tahun.

"Jadi bagi saya pribadi kehadiran untuk mendukung dan mengharumkan nama bangsa melalui sebuah maskapai ternama bukan sebuah hadiah dari ilahi tapi perjuangan yang terus saya perjuangkan sampai saat ini," kata Anne.

[Gambas:Video Insertlive]

(ikh/ikh)
KOMENTAR
POPULER