6 Kiat Berpuasa Agar Tubuh Selalu Kuat dan Sehat

YOA - INSERTLIVE
Selasa, 07 May 2019 17:13 WIB
6 Kiat Berpuasa Agar Tubuh Selalu Kuat dan Sehat
Jakarta, Insertlive - Pada bulan Ramadan yang penuh berkah ini, umat Islam diwajibkan untuk berpuasa.

Selama berpuasa, seluruh umat muslim harus menahan diri dari makanan dan minuman dari waktu imsak sampai magrib tiba.

Kondisi berpuasa acap kali membuat tubuh terasa lemas karena aktivitas yang penuh. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menjaga pola hidup yang tepat agar kuat menunaikan puasa. 



Berikut beberapa tips dari Insertlive yang bisa Anda terapkan selama berpuasa: 

1. Jangan Langsung Makan Berat Saat Berbuka

Aktivitas sehari-hari sering kali membuat tubuh menjadi sangat lapar. Ketika berbuka puasa, Anda tidak dianjurkan untuk langsung mengonsumsi makanan-makanan berat. Kondisi perut kosong selama lebih kurang 12 jam membuat lambung tidak siap untuk langsung mencerna makanan dalam jumlah yang besar. 

2. Pilih Makanan yang Bergizi

Menjaga menu makan yang tepat sangat penting. Terlebih untuk menjauhkan tubuh dari penyakit. Saat berpuasa, diharuskan untuk memilih makanan-makanan yang sehat. Terutama makanan yang mengandung vitamin, mineral, dan zat fitonutrien yang akan menjaga serta memelihara kesehatan tubuh selama berpuasa. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran agar gizi tubuh tetap cukup dan stabil.  

3. Kurangi Makanan yang Mengandung Minyak Berlebih

Sering mengantuk pada siang hari saat berpuasa? Kondisi tersebut dikarenakan seringnya mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung minyak berlebih. Kadar minyak berlebih dalam makanan akan masuk ke dalam tubuh dan membuat sel darah merah menggumpal atau terhambat. Pasalnya, oksigen dalam tubuh akan berkurang hingga 20 persen.

4. Perbanyak Minum Air Mineral

Dalam setiap tubuh manusia berisi cairan sekitar 60 persen. Jadi, air mineral bermanfaat untuk menjaga sistem tubuh. Air mineral akan membilas racun, menabah nutrisi untuk sel tubuh, melembapkan jaringan telinga, hidung, dan tenggorokan. Tubuh yang kekurangan cairan akan cepat menyebabkan dehidrasi. Oleh karena itu, setidaknya minumlah air mineral sebanyak dua liter setiap hari di antara waktu sahur dan saat berbuka puasa.

5. Jangan Lupa Konsumsi Susu

Susu banyak mengandung kalsium dan protein, mengonsumsi susu sangat penting untuk daya tahan tubuh. Zat gizi dalam susu juga dapat menjaga berat badan. Ketika berpuasa, sering kali kita jadi lebih banyak melahap makanan dan membuat berat badan bertambah. Jadi, sangat penting untuk rajin konsumsi susu sangat saat waktu sahur.

6. Jaga Pola Tidur 

Ketika bulan Ramadan, sebisa mungkin majukan waktu tidur dari jadwal yang biasanya. Jika bisa, sesekali sempatkan curi waktu tidur karena kegiatan selama bulan Ramadan bisa jadi meningkat daripada hari biasanya.

Namun, pastikan jangan pernah langsung tidur setelah banyak mengonsumsi makanan. Kebiasaan tersebut dapat meningkatkan risiko terkena stroke karena dapat mengganggu proses metabolisme dalam tubuh sehingga mengakibatkan daya tahan tubuh tidak seimbang. 

[Gambas:Video Insertlive]



(yoa/des)
KOMENTAR
POPULER