'Yang Juga Mendengar', Buku Kolaborasi Pertama Tulus & Davy

Luqman Seno & Anita - INSERTLIVE
Minggu, 07 Apr 2019 20:46 WIB
'Yang Juga Mendengar', Buku Kolaborasi Pertama Tulus & Davy
Jakarta, Insertlive - Musisi Tulus diketahui baru saja merilis buku hasil kolaborasi dengan seorang fotografer, Davy Linggar. Buku bertajuk Yang Juga Mendengar itu merupakan respon-respon dari Tulus untuk haris fotografi Davy.


Ditemui di Kopi Manyar, Bintaro (7/4), Tulus membeberkan proyek kolaborasi tersebut. "Hari ini saya bersama Davy Linggar merilis buku kolabroasi kita berdua, berjudul Yang Juga Mendengar. Jadi buku ini adalah kumpulan foto-foto, yang kemudian saya respons dengan tulisan-tulisan imajinatif. Dengan harapan, ketika temen-temen baca, bisa menjadi stimulan untuk beraktifitas, menginspirasi nulis, dan sebagainya." ungkapnya.

Tulus & DavyFoto: Luqman Seno
Tulus & Davy

Davy pun mengungkap bagaimana keduanya bisa berkolaborasi. "Sebenarnya projek ini diawali dari pameran foto di 2018, jadi waktu itu saya ajak Tulus berkolaborasi untuk merespon foto-foto saya. Biasanya kan saya yang dikasih pekerjaan sama tulus dengan memvisualisasikan lirik-lirik lagunya, sekarang saya balik, Tulus yang merespon." cetusnya.

Terkait projek yang merupakan pertama kalinya bagi Tulus, ia pun mengungkap kesulitan-kesulitan dalam penggarapnya. "Kalau untuk merespon fotografi, sampai dtulis dan dicetak, ini pertama kali sih buat saya. Lalu kesulitannya, saya betul-betul mencoba merasakan, fotonnya tuh ngomongnya kaya gimana, karena inikan respon pribadi jadi satu mata dengan mata yang lain bisa berbeda. Dan anggapan saya ini, seperti yang saya tulis di dalam buku ini." bebernya.

Terkait durasi pengerjaan karya kolaborasi tersebut, Davy mengatakan bahwa ia berdua memawak waktu sekitar setahun. "Lumayan lama sih, tapi santai aja, kita waktu proses engga punya target kapan buku ini dirilis, pokoknya sampai kita benar-benar puas aja. Adasih sudah setahun." tutup Davy.

[Gambas:Video Insertlive]

(doa/doa)
KOMENTAR
POPULER