Ada 'Tamu Baru' di Bali, Kolaborasi Seniman New York & Desa Potato Head

SYAFRINA SYAAF | Insertlive
Rabu, 18 Jan 2023 19:00 WIB
Futura di Desa Potato Head Bali
Jakarta, Insertlive -

Selalu menyenangkan menikmati karya seni yang mengajarkan indahnya berkarya sembari memberikan dukungan pada gaya hidup ramah lingkungan.

Patung Pointman - River Warrior yang resmi berdiri semenjak 9 Desember 2022 silam di Desa Potato Head Bali menjadi bukti bahwa kemegahan bisa berasal dari buangan atau sampah yang terlupakan.

FUTURA2000 seniman asal New York menyampaikan sebuah ide yang mengusung konsep bahwa keberlanjutan itu indah kepada Potato Head Bali.


Dukungan penuh dari hotel resor dengan konsep desa kreatif di tepi pantai tersebut akhirnya terwujud dalam Patung Pointman-River Warrior yang terbuat dari kumpulan sampah di Pulau Bali. Sang seniman, FUTURA2000, rela meluangkan banyak waktu demi mengumpulkan sampah-sampah di seluruh pulau yang resmi menjadi provinsi sendiri pada 1958 tersebut.

Pencemaran laut dan sungai di dunia sudah lama menjadi perhatian utama FUTURA2000. Pasalnya, kapal-kapal pengangkut sampah dan limbah sungai yang berserakan di Sungai Hudson, New York, Amerika Serikat, telah membuat pemandangan Patung Liberty dari studionya menjadi kabur dan tak lagi cerah seperti dahulu kala.

Patung Pointman - River Warrior merupakan buah frustrasi FUTURA2000 yang berujung inspiratif. Karyanya tersebut menjadi 'kritikan' sosial atas masalah polusi sungai serta anak sungai di New York dan berbagai kota lainnya di Asia Tenggara.

Selama bertahun-tahun patung Pointman telah bertransformasi dalam berbagai aspek seni, seperti gambar, lukisan, dan pahatan. Kolaborasi dengan Potato Head membuat Pointman muncul dengan misi baru dalam materi rancangannya.

Patung FUTURA di Desa Potato Head BaliPatung FUTURA di Desa Potato Head Bali/ Foto: DOK. POTATO HEAD BALI

Kini, pelataran Potato Head Studios rancangan OMA di Bali telah menjadi rumah bagi patung River Warrior.

FUTURA2000 menggunakan 888 kilogram plastik dari botol oli motor hingga tutup galon air bekas yang bersumber dari organisasi masyarakat, Yayasan Kakikit, untuk membuat patung Pointman - River Warrior.

Pada acara pembukannya tahun lalu, Futura Laboratories dan Potato Head juga menawarkan kaos, tas jinjing, dan tumbler yang sebagian hasilnya disumbangkan untuk Sungai Watch. Langkah tersebut menjadi aksi nyata Potato Head Bali memberikan dukungan pada mis mereka dalam membersihkan sungai-sungai di Bali.

(syf/syf)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER