Inilah 5 Kebiasaan yang Bisa Bikin Umur Panjang hingga 10 Tahun

NAP | Insertlive
Rabu, 16 Nov 2022 16:02 WIB
Ilustrasi Makanan Sehat
Jakarta, Insertlive -

Setiap orang pastinya ingin memiliki umur panjang dan tubuh yang sehat. Namun, apakah ada cara untuk mewujudkan hal tersebut?

Pastinya banyak cara yang bisa diterapkan agar panjang umur. Mulai lah dari mengubah kebiasaan untuk memulai hidup yang sehat dan panjang umur. 

Terdapat sejumlah kebiasaan yang menjadi resep kesehatan jangka panjang.


Berikut beberapa kebiasaan yang ternyata bisa dijadikan faktor untuk mempengaruhi kesehatan dan umur panjang seseorang. Apa sajakah itu?

1. Menerapkan Pola Makan yang Sehat

Membentuk sebuah kebiasaan untuk hidup sehat tidak semudah kedengarannya. Apalagi jika Anda disibukkan dengan aktivitas sehari-hari yang cukup padat.

Pastinya Anda tergoda untuk mengonsumsi makanan cepat saji saat istirahat makan siang atau memesan makanan dari kantor saat larut malam.

Namun, makanan cepat saji bukanlah hal yang baik untuk dikonsumsi. Hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi dan diabetes.

Pola makan yang sehat dan tepat mencakup makanan biji-bijian yang diproses secara minimal, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan sumber protein alami (yaitu ikan dan kacang-kacangan).

2. Menjaga Berat Badan

Kebiasaan untuk menjaga dan mengontrol berat badan ternyata dapat membantu Anda untuk memperpanjang usia hingga 10 tahun.

Pasalnya, hal ini dapat membuat Anda terhindar dari risiko kardiovaskular dan kanker payudara. Selain itu, pastikan indeks massa tubuh (BMI) berada di angka 18,5 dan 24,9.

3. Olahraga yang Cukup

Sempatkan lah waktu untuk melakukan olahraga. Banyak pemimpin bisnis dan orang terkenal di dunia yang menjadikan olahraga sebagai prioritas harian untuk tetap hidup sehat.

Menurut studi yang dilakukan oleh National Cancer Institute (NCI), olahraga dapat memperpanjang harapan hidup sebanyak 4,5 tahun.

Selain itu, aktivitas fisik juga dapat membantu Anda untuk menjaga berat badan hingga mengurangi risiko penyakit tertentu.

Baca halaman selanjutnya.

(nap/fik)
1 / 2
Loading
Loading
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER