Kanye West Tuai Kritik gegara Baju Bertuliskan 'White Lives Matter'

Insertlive | Insertlive
Minggu, 09 Oct 2022 09:30 WIB
Kanye West Pakai Kaus Kontroversial 'White Lives Matter'
Jakarta, Insertlive -

Kanye West menuai kontroversi lewat baju yang ia kenakan saat menghadiri Paris Fashion Week untuk Yeezy Season 9.

Rapper sekaligus desainer asal Amerika Serikat itu hadir menggunakan baju dengan tulisan 'White Lives Matter' di bagian punggungnya.

Berdasarkan laporan The Guardian, pada kaus hitam itu juga terdapat wajah Paus Yohanes Paulus II dengan kalimat berbahasa Latin Seguiremos Tu Ejemplo yang artinya Kami Akan Mengikuti Jalanmu.


Anti-Defamation League atau Liga Anti-Pencemaran Nama Baik kemudian menilai frasa White Lives Matter pada kaus Kanye West sebagai ujaran kebencian.

Mereka menyebut frasa White Lives Matter seakan-akan mengejek gerakan Black Lives Matter yang merupakan aksi protes pada kekerasan terhadap kelompok kulit hitam.

Warganet juga ikut menghujat Kanye West melalui cuitan mereka di media sosial.



Baju karyaKanye West tersebut juga menuai kritik dari editor majalah mode Vogue, yakni Gabriella Karefa-Johnson.

Melalui Instagram Story, Gabriella menyebut Kanye West sudah melampaui batas. 

"Tidak ada pengecualian, tidak ada unsur seninya di sini. Kalau kalian menanyai Kanye, dia akan bilang ini adalah karya seni dan sebuah revolusi. Segala sesuatu dari koleksi disebut positif. Padahal tidak sama sekali," tulis Gabriella.

Menanggapi komentar tersebut, Kanye tidak terima dan mengejek Gabriella melalui unggahan di Instagram yang kini telah ia hapus. 

"Ini bukan tipe orang fashion yang pantas mengomentari koleksi Ye," tulis Kanye West sambil mengunggah gaya busana Gabriella. 

Setelah Kanye menyerang Gabriella, majalah Vogue lantas menunjukkan dukungan kepada editor-nya melalui sebuah unggahan di Instagram. 

"Opini dari orang seperti Gabriella sangat dibutuhkan dan dalam sebuah pertemuan dengan Ye hari ini, dia sekali lagi mengekspresikan pendapat jujurnya," bunyi pernyataan majalah Vogue.

[Gambas:Instagram]



(KHS/KHS)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER