13 Makanan Cocok Jaga Daya Tahan Tubuh saat Musim Hujan

Nabila Sahma | Insertlive
Minggu, 18 Sep 2022 07:30 WIB
BMKG hari ini telah mengumumkan prakiraan cuaca Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Hal tersebut dilansir situs resmi BMKG.
Jakarta, Insertlive -

Makanan saat musim hujan yang kamu konsumsi berpengaruh, lo untuk daya tahan tubuh kamu. Untuk menjaga daya tahan tubuh agar selalu fit, kamu tidak boleh mengkonsumsi makanan sembarangan saat musim hujan.

Berikut ada 13 makanan saat musim hujan yang bisa kamu konsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh kamu.

13 Makanan Cocok Jaga Daya Tahan Tubuh saat Musim Hujan

1. Makanan dengan bawang putih


Bawang putih memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat menjaga sistem pencernaan dan metabolisme tubuh kamu. Sehingga makanan dengan bahan dasar bawang putih di dalamnya dalam menjadi makanan saat musim hujan yang dapat menjaga daya tahan tubuh kamu.

2. Makanan dengan bawang merah

Bawang merah juga kaya akan kandungan antioksidan tinggi sehingga makanan dengan kandungan bawang merah di dalamnya dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Makanan dengan kandungan bawang merah mungkin mudah kita temui sehingga mungkin dapat menjadi makanan saat musim hujan. Bawang merah juga mampu mencegag serangan virus saat musim hujan.

3. Makanan ber-kunyit

Makanan dengan bahan dasar kunyit seperti kari berkhasiat untuk melindungi tubuh dari senyawa berbahaya. Hal ini disebabkan oleh kandungan kurkumin dalam kunyit yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang sangat tinggi. Sehingga makanan dengan kandungan kunyit didalamnya dapat dijadikan makanan saat musim hujan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

4. Makanan fermentasi

Makanan yang difermentasi juga dapat menjadi makanan saat musim hujan yang dapat menjaga daya tahan tubuh kamu apabila dikonsumsi secara rutin. Makanan fermentasi yang mengandung probiotik dapat meningkatkan imunitas tubuh sebanyak 70% sistem kekebalan tubuh manusia. Beberapa makanan fermentasi yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh antara lain yoghurt, kimchi, dan kefir.

5. Buah delima

Buah delima memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C sehingga merupakan makanan saat musim hujan yang bisa kamu konsumsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Buah delima juga dapat mengendalikan tekanan darah dan mencegah datangnya penyakit diabetes tipe dua.

tanaman buah jeruktanaman buah jeruk/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Valeriya

6. Buah Jeruk

Buah jeruk kaya akan kandungan vitamin C dan juga tinggi akan kandungan vitamin D sehingga akan menjadi makanan saat musim hujan yang akan memberikan kekebalan ekstra bagi tubuh. Selain itu buah ini juga kaya akan khasiat lain seperti untuk menghindari datangnya flu dan menurunkan risiko infeksi saluran pernapasan.

7. Buah Pepaya

Buah yang satu ini juga bisa kamu jadikan makanan saat musim hujan karena khasiatnya yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Buah pepaya memiliki kandungan vitamin A, vitamin B, dan vitamin K serta dilengkapi oleh magnesium, kalium, dan folat. Kandungan pepaya yang kaya ini dapat memperlancar pencernaan dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

8. Buah semangka

Buah yang 92 persennya terdiri dari air ini menjadi makanan saat musim hujan yang dapat kamu konsumsi karena khasiatnya yang dapat mengurangi resiko terkena penyakit saat musim hujan. Buah semangka juga dapat melindungi kulit dari sinar ultraviolet. Khasiat ini didapatkan dari kandungan vitamin C, vitamin A, dan vitamin B, serta likopen dalam semangka.

9. Sayur bayam

Kaya akan zat besi, sayur bayam hijau dapat kamu jadikan makanan saat musim hujan karena kandungan nutrisi didalamnya yang dapat meningkatkan daya tahan tubuhmu. Sayur bayam memiliki beragam kandungan yang baik untuk tubuh seperti beta karoten, antioksidan, serat, vitamin A, vitamin B, vitamin K, dan tidak lupa vitamin C. Kandungan yang lengkap ini dapat membuat kamu terhindar dari bahaya infeksi saat musim hujan dan meningkatkan daya tahan tubuh kamu.

10. Buah Pir

Buah pir memiliki kandungan vitamin C dan B12 yang baik untuk tubuh. Makanan musim hujan ini apabila dikonsumsi dapat meningkatkan imunitas tubuh dan melindungi tubuh dari segala penyakit yang bisa muncul saat musim hujan tiba.

11. Sayur brokoli

Sayur ini juga dapat kamu jadikan makanan saat musim hujan karena kandungannya yang super lengkap. Terdapat kandungan zat besi, kalium, kalsium, selenium, dan magnesium dalam sayuran yang kaya akan serat ini. Selain itu, kamu juga bisa merasakan khasiat vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K dalam brokoli. Brokoli juga kaya akan protein dan memiliki antioksidan yang tinggi, lo.

12. Kacang-kacangan

Makanan saat musim hujan selanjutnya adalah kacang-kacangan yang sangat ampuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Khasiat ini didapatkan dari probiotik di dalamnya yang berasal dari lactobacillus yang dapat mencegah infeksi tubuh saat musim hujan.

Kembang Kol Warna WarniKembang Kol / Foto: iStock

13. Sayur kembang kol

Kembang kol bisa menjadi makanan saat musim hujan yang apabila dikonsumsi akan membuat daya tahan tubuh menjadi kuat. Vitamin C dalam kembang kol dapat memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Lalu kandungan antioksidan didalamnya dapat menguatkan imunitas tubuh.

Tips Menjaga Imunitas di Musim Hujan

Selain dengan konsumsi makanan saat musim hujan, kamu juga bisa lakukan beberapa tips ini untuk menjaga imunitas tubuh kamu saat musim hujan.

  • Kenakan pakaian hangat
  • Berolahraga
  • Perbanyak minum air putih
  • Konsumsi vitamin sesuai dengan kebutuhan
  • Mandi secara teratur minimal 2x sehari
  • Mandi dengan air hangat
  • Rajin membersihkan lingkungan sekitar
  • Hindari makan makanan sembarangan
  • Gunakan masker dan pakai hand sanitizer
(dis/dis)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER