10 Cara Mendapat Tiket Pesawat Murah, Selain Pilih Hari Rabu

Nabila Sahma | Insertlive
Rabu, 14 Sep 2022 15:25 WIB
A young girl is going on a trip, holds plane tickets in her hands and goes to check-in, boarding a flight, close-up view of a boarding pass on a blurred background.
Jakarta, Insertlive -

Tiket pesawat murah pasti menjadi hal utama yang kamu cari sebelum melakukan perjalanan. Sebelum melakukan penerbangan, kamu wajib mencari tiket termurah agar bisa lebih hemat.

Berburu tiket pesawat murah ternyata bisa kamu lakukan dengan cara yang mudah, lo.

Berikut cara mendapatkan tiket pesawat murah dan mudah yang dapat kamu coba.


Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

Tiket pesawat murah bisa kamu dapatkan dengan mudah. Namun, terdapat beberapa trik khusus yang harus kamu lakukan. Yuk, simak 10 cara dapetin tiket pesawat murah berikut.

1. Pilih maskapai penerbangan yang tepat

Guna mendapatkan tiket pesawat murah, pilihlah maskapai yang terkenal dengan harga tiket yang bersahabat. Jangan lupakan juga fasilitas yang ditawarkan. Meski harganya terjangkau, kamu juga harus perhatikan fasilitas maskapai yang tersedia dan pelayanan maskapai dari review penggunanya di media sosial maupun aplikasi pemesanan tiket.

2. Manfaatkan situs atau aplikasi pemesanan tiket

Biasanya situs-situs pencarian penerbangan menawarkan berbagai penawaran menarik seperti potongan harga. Lalu dengan menggunakan ini kamu juga bisa mengatur harga tiket pesawat untuk dapat tiket pesawat murah. Kamu bisa atur dari mulai hari penerbangan dan range harga tiket yang cocok buat kamu.

3. Bandingkan harga tiket

Untuk dapatkan tiket pesawat murah, coba gunakan lebih dari satu situs atau aplikasi untuk melihat perbandingan harga yang ditawarkan. Sebelum melakukan pemesanan tiket, kamu harus melakukan pengecekan harga tiket di beberapa aplikasi maupun situs layanan pemesanan tiket pesawat. Lalu pilihlah tiket dengan harga yang paling murah pada salah satu situs atau aplikasi yang kamu gunakan.

Syarat penerbangan domestik terbaru diberlakukan untuk pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) yang akan bepergian dengan pesawat. Cek selengkapnya di sini.Ilustrasi pesawat/ Foto: Getty Images/iStockphoto/skyNext

4. Pilih hari Jumat sebagai hari keberangkatan

Kamu bisa mendapatkan tiket pesawat murah jika berangkat di hari Jumat. Jika berangkat di hari Jumat, selain bisa mendapatkan harga tiket yang lebih murah, kamu juga bisa menikmati waktu yang lebih lama karena hari selanjutnya adalah weekend.

5. Beli tiket untuk low season

Daripada high season, kamu lebih baik memilih tiket pesawat low season agar bisa mendapatkan tiket pesawat murah. Pada musim ini memang tidak banyak orang yang berlibur sehingga tiket pesawat pada musim ini lebih murah dan bikin kamu hemat.

6. Pesan tiket dari jauh-jauh hari

Coba lakukan pemesanan tiket dari satu bulan sebelum waktu keberangkatan kamu. Karena kamu bisa mendapatkan tiket pesawat murah jika melakukan pemesanan tiket dari jauh-jauh hari.

Waktu ideal untuk melakukan pemesanan tiket pesawat adalah 5 minggu sebelum waktu keberangkatan. Sudah menjadi rahasia umum bahwa semakin jauh jarak pemesanan tiket dengan waktu keberangkatan, kamu bisa dapatkan tiket pesawat yang semakin murah.

7. Lakukan penerbangan transit

Untuk mendapatkan harga tiket pesawat murah, coba lakukan penerbangan transit atau yang biasa disebut dengan connecting flight. Tiket penerbangan transit lebih murah karena banyak maskapai yang mencari penumpang melalui proses transit ini agar seluruh maskapai terisi.

Misalnya kamu ingin melakukan penerbangan dari Tokyo ke Australia. Daripada melakukan penerbangan langsung sampai ke Australia, kamu bisa lakukan transit ke Kuala Lumpur terlebih dahulu.

8. Manfaatkan promo yang tersedia

Kamu bisa dapatkan info promo tiket pesawat murah di berbagai platform media sosial. Banyak potongan harga tiket yang bisa kamu dapatkan di berbagai situs dan aplikasi penyedia layanan maskapai seperti Traveloka, tiket.com, Pegipegi, dan sebagainya.

Penggunaan promo potongan harga bisa membuat harga tiket kamu menjadi lebih murah dan dapat menghemat bujet perjalanan kamu.

9. Pesan tiket di tanggal kembar

Saat tanggal kembar, kamu bisa dapatkan tiket pesawat murah, lo. Biasanya berbagai aplikasi dan situs layanan penerbangan menawarkan berbagai promo menarik saat tanggal kembar. Mulai dari diskon, potongan harga, dan penawaran harga yang lebih murah daripada hari biasanya.

10. Lakukan pemesanan tiket di hari yang tepat

Selain 9 cara berikut ada satu cara lagi nih, yang bisa kamu lakukan untuk dapat tiket pesawat murah. Pada hari-hari tertentu harga tiket pesawat lebih murah daripada hari lain. Hari apa aja, ya? Yuk simak penjelasan berikut.

Harga Tiket Pesawat Murah di Hari Apa?

Tiket pesawat murah bisa kamu dapatkan pada hari Selasa. Pada hari Selasa, harga tiket pesawat akan lebih murah daripada biasanya. Jangan lupa untuk melakukan pemesanan di siang hari karena kamu bisa dapatkan potongan sebanyak 15-25% pada hari Selasa siang. Potongan harganya cukup banyak, bukan?

Selain hari Selasa, kamu juga bisa dapatkan harga tiket pesawat murah pada hari Senin dan hari Minggu. Pada kedua hari ini, harga tiket akan lebih murah sekitar empat persen. Jadi kalau kamu ingin mendapatkan harga tiket yang lebih murah, jangan lupa untuk pesan di kedua hari ini, ya.

Lalu, hindari pemesanan tiket di hari Kamis dan Minggu. Karena pada kedua hari ini biasanya maskapai akan menaikkan kembali harga tiket pesawat menjadi harga normal.

Syarat penerbangan domestik terbaru diberlakukan untuk pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) yang akan bepergian dengan pesawat. Cek selengkapnya di sini.Ilustrasi penerbangan/ Foto: Getty Images/EllenMoran

Harga Tiket Pesawat Murah Jam Berapa?

Tiket pesawat murah juga bisa kamu dapatkan jika kamu melakukan pemesanan di jam-jam malam. Coba lakukan pemesanan tiket pada pukul 11 malam sampai tengah malam karena di jam-jam tersebut banyak maskapai yang menawarkan potongan harga.

Coba lakukan pemesanan pada jam-jam ini untuk mendapatkan tiket pesawat yang jauh lebih murah daripada hari biasanya. Kamu akan dapatkan tiket pesawat murah untuk hari keberangkatan pada esok paginya.

Hal ini terjadi karena banyak orang yang belum menyelesaikan pembayarannya hingga tengah malam. Sehingga pihak maskapai menambah stok tiket penerbangan. Sehingga pihak maskapai menambah stok tiket penerbangan.

Banyak bukan cara yang bisa kita lakukan untuk dapat tiket pesawat murah. Coba gunakan berbagai cara berikut agar perjalanan kamu dapat dilakukan dengan lebih hemat. Selain harga tiket pesawat murah kamu juga harus perhatikan fasilitas yang ditawarkan, ya. Jangan lupa untuk selalu utamakan kenyamanan dan keselamatan kamu saat melakukan penerbangan.

(Nabila Sahma/and)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER