i-pedia

Ditemukan Pelat dengan Tulisan Indonesia Diduga Peninggalan Titanic, Benarkah?

ARM | Insertlive
Senin, 01 Aug 2022 09:20 WIB
Kapal Titanic II, replika Titanic I
Jakarta, Insertlive -

Sebuah cuitan di akun Twitter mendadak menyita atensi publik karena menghubungkan Indonesia dengan tragedi kapal Titanic.

Dalam utas yang ditulis akun @mazzini_gsp, mengungkapkan misteri di balik pelat tua bertuliskan Tjipetir.

Dari penelusuran lebih jauh, benda aneh bertuliskan Tjipetir itu pertama kali ditemukan oleh Tracey Williams pada Desember 2014 silam.


Kala itu, Tracey sedang berjalan-jalan di pantai dekat rumahnya di Inggris selatan.

Ia kemudian menemukan papan seukuran talenan bertuliskan kata Tjipetir yang diduga berusia 100 tahun.

Tak hanya satu, Tracey juga menemukan benda serupa beberapa minggu kemudian di garis pantai Inggris.

Berbekal rasa penasaran, ia mencari asal muasal kata Tjipetir di laman Google dan menemukan fakta bahwa nama itu merupakan perkebunan Indonesia yang terletak di Sukabumi, Jawa Barat.

Melansir dari The Wshington Post 2, perkebunan Tjipetir di Sukabumi, Jawa Barat itu membudidayakan pohon percha yang menghasilkan zat seperti karet (gutta percha) dengan fungsi sebagai pendahulu plastik.

Biasanya, gutta percha digunakan sebagai tambalan gigi, bola golf, hingga kabeh bawah air yang menunjukkan bahwa ketahanan luar biasa walau terkena air.

Penemuan pelat bertuliskan Tjipetir itu tak hanya terjadi di Inggris, tetapi ditemukan sejumlah orang Eropa di Norwegia, Swedia, Belanda, Denmark, Jerman, Prancis, Spanyol, dan Inggris.

Hal itu membuat teori baru bahwa pelat bertuliskan Tjipetir itu diduga berasal dari peninggalan kapal Titanic yang tenggelam.



Pada 2013 silam, muncul teori serta fakta baru tentang kapal Miyazaki Maru asal Jepang yang disebut membawa ratusan hingga ribuan papan gutta percha.

Kapal laut sebesar 8.520 ton itu tenggelam pada Mei 1917 saat perjalanan dari Yokohama ke London dengan jumlah 8 orang tewas.

Hingga saat ini, penemuan papan berbentuk pelat tua bertuliskan Tjipetir masih menimbulkan banyak misteri dan terus dilakukan penelitian.

(arm/arm)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER