Fenomena Unik Pulau Begansar di Kapus Hulu, Bisa Bergerak Sendiri

YOA | Insertlive
Jumat, 29 Jul 2022 10:07 WIB
Pulau Begansar
Jakarta, Insertlive -

Fenomena unik yang memperlihatkan sebuah pulau dapat bergerak sendiri dan berpindah-pindah tempat sedang viral di media sosial, yakni Pulau Begansar. Pulau tersebut terletak di Danau Siawasan di DUsun Kuala Buin, Desa Siawan, Kecematan Bunut Hilir, Kapuas Hulu.

Nama Pulau Begansar dipilih karena artinya pulau itu dapat bergerak. Sebagaimana narasi yang diucapkan oleh kanal YouTube indoflashlight, masyarakat kini ramai berbondong-bondong mengunjungi pulau tersebut.

Dikabarkan sejatinya ada 7 pulau yang bisa bergerak di kawasan itu. Namun, kini hanya tinggal 2 karena sisanya tidak lagi bisa bergerak atau mati.


Pulau Begansar mulai bergerak sejak pukul 8 pagi hingga 3 sore. Biasanya pada sekitar pukul 3 sore, pulau itu akan kembali lagi ke posisi semula.

Ukuran Pulau Begansar bisa dibilang tidak cukup luas. Di atas tanah pulau itu hanya bisa menampung sekitar 40-50 orang.

Konon Pulau Begansar adalah 7 orang bersaudara. Pulau kecil yang ditumbuhi beberapa pohon itu diceritakan memiliki kepala dan ekor, tetapi tidak terlihat.

Jika ada pengunjung yang datang, mereka dilarang bicara sembarangan atau mengeluarkan kata-kata yang tidak baik.

Mitos lain menyebutkan terkadang di Pulau Begansar itu ada suara orang sedang berjalan, tapi sosoknya tidak terlihat. Biasanya suara orang berjalan menandakan pulau tersebut akan mulai bergerak.

(yoa/yoa)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER