Review 'Super Junior: The Last Man Standing' yang Bikin Makin Sayang SuJu

KHS | Insertlive
Jumat, 20 Jan 2023 11:00 WIB
Penampilan rambut gondrong Choi Siwon Super Junior
Jakarta, Insertlive -

Dalam rangka merayakan hari jadi yang ke-17 tahun, Super Junior merilis dokumenter bertajuk Super Junior: The Last Man Standing.

Dokumenter tersebut menampilkan perjalanan Super Junior dari masa trainee hingga saat ini melalui sudut pandang para anggotanya.

Super Junior: The Last Man Standing pertama kali menayangkan episode 1 dan 2 pada Rabu (18/1) di DisneyPlus Hotstar.


Makna 'The Last Man Standing'

Super JuniorSuper Junior/ Foto: Facebook/SuperJunior

Super Junior: The Last Man Standing membawa penonton melihat proses bergabungnya masing-masing anggota hingga akhirnya debut sebagai Super Junior pada 6 November 2005.

Super Junior debut dengan jumlah 12 anggota. Satu tahun kemudian, mereka bertambah menjadi 13 orang dengan kehadiran Kyuhyun.

Selama lebih dari 17 tahun berkarier, Super Junior telah mewarnai blantika musik K-Pop dengan karya dan prestasi yang memukau.

Super Junior bahkan mendapatkan julukan King of Hallyu Wave untuk menggambarkan pengaruh mereka terhadap industri K-Pop.

Dokumenter ini kemudian menceritakan lika-liku perjalanan Super Junior menjadi 'The Last Man Standing' karena berhasil mempertahankan eksistensinya hingga saat ini.

Kilas Balik Momen Sentimental Super Junior, Kyuhyun Kecelakaan, hingga Ayah Leeteuk Meninggal Dunia

Kyuhyun Super JuniorKyuhyun Super Junior/ Foto: Facebook/SuperJunior

Lewat Super Junior: The Last Man Standing, penonton dapat melihat banyak hal yang telah Super Junior lalui, yang manis maupun yang pahit.

Salah satunya, ketika Super Junior harus menghadapi momen duka di awal kariernya, ayah dari Donghae meninggal dunia pada 8 Agustus 2006.

Donghae harus kehilangan orang yang pertama kali menyarankan dirinya untuk menjadi penyanyi.

Suasana duka kemudian bertambah beribu kali lipat karena Heechul mengalami kecelakaan lalu lintas usai berkunjung ke rumah duka ayah Donghae.

Kala itu, Heechul mengalami cedera dan harus hiatus selama beberapa bulan.

Momen lainnya yang tidak akan pernah terlupakan adalah ketika kecelakaan mobil yang menyebabkan 4 anggota Super Junior, yaitu Leeteuk, Shindong, Eunhyuk, dan Kyuhyun terluka.

Di antara keempatnya, kondisi Kyuhyun adalah yang terparah. Dokumenter ini juga menceritakan bagaimana kondisi Kyuhyun dan bagaimana Super Junior menghadapi musibah tersebut.

Super Junior juga mengalami kehilangan anggotanya beberapa kali yang pasti memberikan dampak tersendiri untuk anggota lainnya.

Selain itu, banyak momen sentimental lain yang terungkap dalam dokumenter ini, termasuk Leeteuk yang kehilangan sang ayah ketika dirinya menjalani wajib militer.  

Harapan dan Mimpi Super Junior untuk Masa Depan

Super JuniorSuper Junior/ Foto: instagram.com/xxteukxx

Pada akhir episode kedua, para anggota Super Junior mengungkapkan isi hati dan pikirannya terhadap perjalanan dan perjuangan yang telah mereka lalui.

Bagaimana mereka memandang Super Junior dahulu, saat ini, dan masa depan, terungkap dalam Super Junior: Last Man Standing.

Setelah menonton Super Junior: Last Man Standing, para penggemar akan lebih mengenal dan menyayangi Super Junior, serta lebih menghargai perjalanan mereka yang luar biasa.

(KHS/and)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER