Jadi Marga Paling Banyak, Ini Sejarah Nama "Kim" Seperti Milik RM BTS

Insertlive | Insertlive
Senin, 12 Sep 2022 21:45 WIB
RM BTS
Jakarta, Insertlive -

Rap Monster atau RM BTS tengah merayakan ulang tahunnya yang ke-28 (usia internasional) pada hari ini, Senin (12/9).

Bagi penggemar BTS, pasti sudah mengetahui bahwa nama asli RM adalah Kim Nam Joon. Ia memiliki salah satu marga yang paling banyak di Korea.

Melansir SBS, sekitar 10 juta di antara 50 juta warga Korea Selatan memiliki nama keluarga Kim. Pemiliknya berasal dari berbagai kalangan, termasuk selebritas dan tokoh penting Korea Selatan. Mengapa demikian?


Berdasarkan laporan The Economist, nama keluarga Kim dan Lee merupakan marga bangsawan Korea. Sedangkan masyarakat biasa tidak memiliki marga.

Hingga saat para pedagang mulai memasuki masa kejayaannya dan menjadi kaya raya. Mereka membeli nama keluarga dari para bangsawan untuk mendapatkan kedudukan atau kekuasaan.

"Para elite itu cenderung memakai nama keluarga yang akan membuatnya masuk akal untuk mengklaim bahwa mereka mempunyai nenek moyang dari China, negara yang paling dikagumi orang Korea," ujar Dr. Donald Baker, seorang peneliti dari Department of Asian Studies di University of British Columbia.

RM atau Kim Namjoon, leader dari BTS.RM atau Kim Namjoon, leader dari BTS./ Foto: Dok. Twitter

Namun, sistem kelas sosial di Korea dihapus pada 1894. Lalu pada 1904, terdapat peraturan sensus baru yang mengharuskan semua masyarakat Korea mendaftarkan nama keluarga atau nama belakang.

Kala itu, marga Kim, Lee, dan Park adalah marga paling populer. Banyak masyarakat yang memilih marga tersebut.

Kim kemudian terus menjadi marga paling populer di antara marga lainnya. Studi dari New Journal of Physics dari Institute of Physics and German Physical Society, menyebutkan bahwa popularitas marga Kim bertahan selama 1500 tahun.

Para peneliti menemukan fakta tersebut setelah memerikah 10 buku silsilah keluarga Korea yang mendokumentasikan sejarah silsilah keluarga selama 500 tahun terakhir.

Para peneliti kemudian menaksir bahwa pada 500 Masehi terdapat 50.000 orang memiliki nama keluarga dari 150 marga, dan 10.000 di antaranya mempunyai marga Kim.

(KHS/KHS)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER