Review Drama Korea

Review 'Grid': Hadirkan Teka-teki Rumit yang Sulit Dinikmati

Dini Astari | Insertlive
Selasa, 26 Apr 2022 09:40 WIB
Drama Korea Grid
Jakarta, Insertlive -

Drama Korea Grid akhirnya menayangkan episode terakhirnya pada Rabu (20/4) lalu.

Drama original Disney+ ini bercerita tentang sosok misterius yang diberi nama Hantu (Lee Si Young), pembuat perisai bernama grid pada 1997 untuk melindungi umat manusia dari serangan badai matahari.

24 tahun berlalu, Hantu kini tengah diburu oleh Biro Administrasi, badan khusus yang dibuat pemerintah untuk memantau grid.


Salah satu pegawai Biro Administrasi, Kim Sae Ha (Seo Kang Joon) ikut dalam misi mencari Hantu. Di samping tugasnya itu, Sae Ha memang sudah lama mencari sosok Hantu untuk mengetahui misteri di masa lalunya.

Sementara itu, sebuah pembunuhan terjadi dilakukan oleh Kim Ma Nok (Kim Sung Kyun) dan Jung Sae Byeok (Kim Ah Joong) detektif kepolisian yang gigih menangani kasus ini.

Kasus pembunuhan yang dilakukan Kim Ma Nok lalu menjadi jalan Biro Administrasi menemukan Hantu. Di samping itu, Jung Sae Byeok juga ikut terseret dalam teka-teki tentang pembuatan grid yang rumit.

GridGrid/ Foto: Disney+ Hotstar

Cerita Tentang Penjelajah Waktu yang Minim Penjelasan

Genre fiksi ilmiah belakangan marak ambil bagian dalam drama Korea, salah satunya Grid.

Drama yang memiliki total 10 episode ini mengawali cerita dengan teka-teki soal pembuatan awal grid (pelindung bumi dari badai matahari) yang dibuat sosok misterius.

Paruh awal cerita pun membawa penonton tebak-tebakan bagaimana awalnya grid bisa tercipta dan menyelamatkan banyak orang. Sayang, rasa penasaran itu lama-lama mengendur menjelang paruh akhir cerita.

Grid yang mengajak penonton mengasah otak dengan memahami konsep jelajah waktu tak dibarengi dengan informasi yang cukup mengenai jelajah waktu itu sendiri. Alhasil, kebingungan menjadi hal yang banyak dikeluhkan penonton drama ini.

Hal ini diperparah dengan akhir drama ini yang bisa dibilang open ending. Mungkin, informasi yang minim ini menjadi jembatan ke musim kedua, yang belum tahu apakah akan dibuat atau tidak.

GridGrid/ Foto: Disney+ Hotstar

Porsi drama yang Kena Tanggung & Agak Membosankan

Layaknya drakor lain, Grid tak lepas dari usaha menyentuh hati lewat unsur drama di dalamnya.

Misal kisah keluarga Sae Ha yang harus berantakan karena pembuatan grid hingga membuatnya punya dendam pribadi kepada Hantu. Kisah pilu tentang keluarga itu tentu dihadirkan untuk memancing air mata penonton.

Namun, Adegan-adegan yang seharusnya mengandung bawang itu pun terasa biasa saja.

Chemistry antara Sae Ha dan Sae Byeok juga terasa kurang kuat dibangun hingga tak begitu membuat simpatik saat keduanya harus terpisah karena dampak penjelajahan waktu.

Selain soal drama, penyelidikan soal Grid atau kasus pembunuhan yang dilakukan Kim Ma Nok juga seperti jalan di tempat dan agak membosankan. Hal ini mungkin dipicu cerita yang berputar di situ-situ saja tanpa pengembangan yang berarti.

GridGrid/ Foto: Disney+ Hotstar

Meski banyak kekurangan, Grid tak lantas jadi drama yang buruk dan tak layak disaksikan.

Drama ini tetap memanjakan penonton dengan visual yang meyakinkan, khususnya dalam efek CGI.

Akting para pemainnya pun tak perlu diragukan lagi. Seo Kang Joon yang baru kembali dari wajib militer dan Kim Ah Joong yang lama tak wara-wiri di layar kaca memberikan kualitas aktingnya yang maksimal.

Lee Si Young sebagai karakter misterius juga tampil memukau seperti dalam drama-drama yang lain.

(dia/dia)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER