Review Drama Korea

Review Drama 'D.P.': Potret Suram Militer Korea yang Bikin Bergidik

Dini Astari - INSERTLIVE
Senin, 30 Aug 2021 20:55 WIB
D.P.
Jakarta, Insertlive -

Netflix pada Jumat (27/8) kembali merilis drama Korea original terbarunya bertajuk D.P..

Drama berlatar militer ini bercerita tentang An Jun Ho (Jung Hae In) yang baru menjalani wajib militer dan menjadi seorang tentara. Dia adalah sosok pendiam, tenang, dan sedikit kaku.

Ketika baru ke barak militer untuk menjalankan tugas, An Jun Ho dipilih sebagai anggota D.P (Deserter Pursuit), tim khusus yang bertugas memburu tentara yang kabur dari barak militer.


An Jun Ho menjalankan tugas sebagai D.P. bersama Kopral Han Ho Yeol (Koo Gyo Hwan). Mereka mendapat perintah dari Sersan Park Beom Gu (Kim Sung Kyun).

Sementara itu, Letnan Satu Lim Ji Seob (Son Seok Koo) yang baru dipindahkan ke divisi An Jun Ho bertugas mengambil alih posisi ketua D.P. Dia sosok penjilat yang tidak begitu peduli dengan tim D.P..

Rintangan dari lapangan dan atasan serta dilematis sebagai prajurit pun harus dihadapi An Jun Ho dan Han Ho Yeol dalam menjalankan tugas membawa para tentara pulang.

D.P.D.P./ Foto: (dok. Netflix)

Ekspos Potret Suram Dunia Militer Korea

Dalam dunia militer, kekerasan bukan lagi sebuah rahasia. Di Korea sendiri, setidaknya ada banyak insiden di mana para tentara yang menjalani wajib militer bunuh diri karena frustrasi.

Fenomena ini menjadi landasan kuat D.P. tampil dengan berani mengekspos perpeloncoan yang terjadi di militer.

Tanpa sensor dan pencitraan, D.P. secara gamblang menunjukkan pukulan, umpatan, hingga pelecehan seksual yang diterima para tentara junior dari seniornya.

Potret gelap nan suram ini berhasil memancing rasa prihatin penonton. Dilematis antara memilih kebenaran dan menormalisasi keburukan juga dibahas habis-habisan sepanjang enam episode yang dimiliki D.P..

Traumatis yang dialami para desertir juga menjadi tamparan keras bagi suara-suara yang masih juga bungkam pada kekerasan.

Pencarian Desertir ala Detektif yang Menarik

Bukan hanya aksi sadis yang ditampilkan dalam drama ini. Unsur misteri yang muncul lewat perjalanan Ahn Jun Ho dan Han Ho Yeol mencari para desertir juga tak kalah jadi sorotan yang menarik perhatian.

Penonton bakal ikut tegang dan geregetan saat Ahn Jun Ho dan Han Ho Yeol memburu desertir dengan berbagai rintangan yang ada.

Trik keduanya mencari desertir dengan cara brutal hingga konyol juga menjadi bagian terseru dalam drama ini.

D.P. NetflixD.P. Netflix/ Foto: Netflix


Totalitas Pemain dan Jajaran Produksi

Jajaran pemain D.P. bermain secara totalitas. Jung Hae In yang kerap mendapat peran pria lembut dan imut di drama-drama sebelumnya tampil lebih garang di sini.

Koo Gyo Hwang juga sukses memerankan Han Ho Yeol yang gigih dan periang. Aktingnya tidak hanya membangkitkan sisi komedi drama ini, tetapi juga berhasil menerjemahkan dilematisnya seorang tentara.

Selain dua pemain utama, sosok Cho Hyun Chul yang memerankan tokoh Cho Suk Bong yang menjadi desertir juga patut diacungi jempol. Rasa traumatis sebagai korban kekerasan di militer sukses bikin meringis.

Tidak hanya para pemain yang tampil dengan akting yang totalitas. Pihak produksi juga memberikan performa maksimal untuk membangun D.P. lebih menegangkan dan intens.

Menurut beberapa sumber, pihak produksi D.P. turun langsung mewawancarai tentara yang mendapat kekerasan. Usaha itu pun membuat D.P. jadi terasa begitu realistis.

D.P.D.P./ Foto: (dok. Netflix)


Meski dipenuhi hal-hal kelam nan sadis, D.P. tetap memiliki unsur hiburan yang membuat penonton ikut tertawa di beberapa momen dan betah menghabiskan drama ini dalam sekali duduk.

Dengan berbagai kelebihan itu pula, rasanya tidak berlebihan untuk memasukkan D.P. dalam jajaran drama Korea terbaik di paruh kedua 2021 yang sayang untuk dilewatkan.

(dia/dia)
Tonton juga video berikut:
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER