Pendonor Organ di Korsel Meningkat Gegara Drama 'Hospital Playlist 2'

ikh - INSERTLIVE
Rabu, 25 Aug 2021 21:50 WIB
Hospital Playlist 2
Jakarta, Insertlive -

Drama Hospital Playlist sudah tayang hingga dua musim dan masih menjadi drama terpopuler di Korea Selatan. Kisah menarik di drama ini ternyata mampu menyebarkan pengaruh baik kepada penontonnya.

Drama ini sudah fokus mengangkat kisah tentang para dokter sejak musim pertama. Bahkan drama ini juga kerap memperlihatkan kisah perjuangan hidup dan mati para pasien di rumah sakit.

Salah satu kisah menarik yang dibahas drama ini perihal donor organ. Episode ke-7 drama Hospital Playlist menceritakan seorang anak mendonorkan organ untuk sang ibunda yang sudah tak ditemuinya selama 30 tahun.


Episode ini menjelaskan secara detail mengenai tata cara donor organ. Ternyata episode ini memberikan pengaruh besar yang mendorong masyarakat untuk melakukan donor.

Dikutip dari Naver, Organisasi Donor Darah dan Organ Nasional di Korea Selatan menjelaskan bahwa lebih dari 16 ribu orang mendaftarkan diri untuk donor organ pada Agustus 2021. Angka tersebut bertambah tiga kali lipat dari jumlah yang tercatat tahun lalu dalam periode sama.

Selain itu juga terungkap ada 7.042 orang yang mendaftarkan diri untuk donor organ dalam kurun waktu sepekan setelah episode tujuh drama Hospital Playlist ditayangkan. Angka ini membuktikan kenaikan 11 kali lipat jumlah pendonor organ dibandingkan tahun lalu dalam periode sama.



Hal ini juga membuat heboh para penggemar drama Korea terutama Hospital Playlist di media sosial. Bahkan banyak yang memberikan apresiasi karena drama tersebut mampu memberikan pengaruh yang baik.

"Kenaikan calon pendonor organ naik 11x lipat karena pengaruh baik Hospital Playlist 2. Terutama 1 minggu setelah ep. 7 ditayangkan, ada 7042 orang berpartisipasi, dimana di episode itu dijelaskan secara detail soal proses donor. Ini menunjukan kenaikan 11x lipat dibanding th lalu," tulis @aliralira.

"Terus ada yang bilang episode paling membosankan, efeknya bukan main padahal," tulis @kelana_rana.

"Asli habis nonton eps itu langsung googling cara buat donor, tapi di indo kayaknya baru bisa buat kornea. Karna udh terlanjur pake kacamata langsung jadi pesimis. Ya masa iya ngasih mata yg ga sehat," tulis @NisaWDS.

"Drama Terbaik yg banyak banget plot twist in a good way nya... Aslik ga bosen2 walau ditonton berulang2... Apalagi di Season 1 yg ibu2 yg bayinya ketauan meninggal pas cek up,dibiarin nangis ampe kelar sama Seok Hyeong... ikutan mewek gue😭😭 Selorong pada diem semua," tulis @itsmeangling.

(ikh/ikh)
Tonton juga video berikut:
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
UPCOMING EVENT Lebih lanjut
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER