Tak seperti Idol, Penulis Lagu K-Pop Populer Ternyata Hidup Pas-pasan

nap - INSERTLIVE
Senin, 05 Jul 2021 14:20 WIB
Para member BTS melakukan photoshoot dengan konsep terbaru yang unik. Yuk kita intip potret mereka!
Jakarta, Insertlive -

Banyak orang yang menganggap bahwa para penulis lirik lagu untuk para idol grup di Korea Selatan mendapatkan banyak uang dari hak royalti. 

Ternyata, berbeda dengan para idol yang hidup mewah, penulis lagu untuk BTS, EXO, maupun NCT ternyata hidup pas-pasan.

Fakta mengenai kehidupan penulis lagu idol K-Pop diungkap oleh ketiga wanita bernama Kim Soo Bin, Park Woo Hyun dan Lee Hee Ju yang memiliki hasrat besar terhadap musik pop Korea Selatan.


Mereka yang tergabung dalam grup Danke ini, menulis lirik lagu untuk banyak grup K-Pop kenamaan termasuk EXO, TWICE, NCT 127, SuperM, Tomorrow X Together (TXT) dan IU.

Danke juga menulis lirik lagu Filter milik Jimin yang rilis tahun 2020 silam.

Ketiganya dalam sebuah wawancara dengan The Korea Times menjelaskan bahwa sebagian besar penulis lirik tidak mendapatkan keuntungan karena lagu-lagunya yang tak pernah didengarkan banyak orang.

"Banyak orang berasumsi dan bahkan bertanya apakah kami dapat membeli gedung dengan biaya hak cipta. Tidak, kadang ada yang beruntung, ada pula yang rugi karena lagu mereka jatuh dari chart," ungkap Park Woo Hyun.

Lee Hee Ju kemudian menimpali bahwa banyak penulis lirik lagu yang dianggap kaya, malah butuh waktu bertahun-tahun untuk debut dan punya penghasilan tetap.

"Penulis lirik sering dianggap kaya. Tapi sama seperti kita, mereka sering membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk debut dan mendapatkan penghasilan minimum untuk hidup," tambah Lee Hee Ju.

Terlepas dari banyaknya kesulitan yang mereka alami selama membuat lirik dan sedikitnya keuntungan yang didapat, ketiganya mengaku senang dan puas dengan profesi mereka.

"Terlepas dari semua kesulitan, ini adalah momen mimpi yang menjadi kenyataan bagi kami sekarang. Kami merasa sangat dihargai ketika kami mendengar lirik kami di konser." pungkas Lee Hee Ju.

(nap/syf)
Tonton juga video berikut:
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER