IZ*ONE Bubar, Forbes Sebut Jadi 'Kehilangan Terbesar' K-Pop di 2021

DIS - INSERTLIVE
Jumat, 30 Apr 2021 16:03 WIB
Teaser foto comeback girl group K-Pop IZ*ONE untuk album BLOOM*IZ
Jakarta, Insertlive -

Girl grup IZ*ONE resmi bubar pada 29 April kemarin usai kontrak eksklusif dengan CJ ENM berakhir.

Kabar bubarnya IZ*ONE membuat banyak pihak bersedih kendati mereka telah membuat kegiatan terakhir dengan konser online One, The Story pada Maret lalu.

Pembubaran IZ*ONE juga menarik perhatian media Forbes yang menyebutkan bahwa bubarnya girl grup yang beranggotakan 12 orang ini menjadi 'kerugian besar pertama' K-Pop di 2021.


Hugh Mclntyre kontributor di Forbes menuliskan pembubaran besar girl grup ini merupakan kehilangan terbesar di industri K-Pop. Hal ini dilihat berdasarkan dari jumlah antusias penggemar dan publik dalam menyambut hangat girl grup yang disatukan lewat reality show Produce 48 tersebut.

Contohnya, ketika para penggemar IZ*ONE melakukan crowdfunding yang berhasil mengumpulkan dana hingga lebih dari $1 juta atau setara dengan Rp14,5 miliar.

Tak hanya itu, album pertama IZ*ONE yang bertajuk COLOR*IZ berhasil menduduki peringkat kedua di tangga Album Gaon Korea Selatan serta peringkat ke-9 di Album Dunia Billboard.

Lagu utama dari IZ*ONE, La Vie en Rose sendiri berhasil memuncak di nomor enam dalam tangga lagu di Lagu Digital Dunia.

Album lainnya juga berhasil dengan sangat baik di mana album terbaru dan keempat milik IZ*ONE, One-reeler/Act IV menduduki jawara di Album Chart Gaon Korea Selatan.

Dengan sejumlah data dan fakta di atas, maka Forbes menyebut bahwa pembubaran resmi IZ*ONE yang memulai debutnya pada Oktober 2018 ini membuat K-Pop akan merugi untuk sementara.

Kendati demikian, keputusan pembubaran IZ*ONE sudah dipikirkan matang ke-12 anggota girl grup tersebut.

(dis/fik)
Tonton juga video berikut:
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER