Park Seo Joon & Lee Seo Jin Diduga Jadi Korban Rasisme di Spanyol

SYF - INSERTLIVE
Minggu, 04 Apr 2021 10:57 WIB
Park Seo Joon dan Lee Seo Jin
Jakarta, Insertlive -

Isu rasisme anti-Asia tengah menjadi sorotan dunia karena jumlah kasus yang meningkat tajam terutama di daratan Amerika Serikat. 

Fakta wabah pertama Covid-19 merebak di Wuhan, China, menjadi pemicu utama terjadinya kasus rasisme anti-Asia. 

Panasnya persoalan mengenai isu rasisme ini membuat sejumlah netizen Korea membeberkan bukti bahwa sikap tak patut dicontoh tersebut telah terjadi jauh sebelum pandemi, mereka pun menguak perilaku sejumlah orang asing pada dua aktor ternama Korea Selatan beberapa tahun lalu. 


Pada tahun 2017 silam, tim produksi Youn's Kitchen 2 melakukan syuting di Garachico, Spanyol. 

Youn Yuh Jung, Lee Seo Jin, Jung Yu Mi, dan Park Seo Joon menjalani bisnis restoran makanan Korea pada program variety show tersebut. 

Mereka mencoba menjual makanan khas Korea kepada turis dan warga lokal Garachico. Sejumlah tamu asing dan warga setempat pun mendatangi untuk menikmati sajian yang ditawarkan oleh Youn's Kitchen. 

Siapa sangka ternyata sejumlah tamu asing tersebut telah melontarkan pernyataan rasisme kepada Lee Seo Jin dan Park Seo Joon. Lalu, tim produksi diduga menutupi fakta tersebut lewat manipulasi bahasa terjemahan. 

Seorang netizen yang lancar berbahasa Jerman membeberkan bahwa pihak produksi telah secara sengaja salah menerjemahkan ucapan para tamu asing yang datang ke Youn's Kitchen. 

Netizen Korea menuliskan bahwa pasangan tamu Jerman pada acara tersebut mengatakan Lee Seo Jin dan Park Seo Joon sebagai dua pria gay Korea. 

"Dia mengatakan 'Ada pria Gay Korea di sini', jadi bagaimana kamu (tim produksi) menerjemahkannya sebagai 'Pria Korea tampan'. Aku belajar di Jerman dan menghadapi rasisme setiap hari, melihat rasisme ditutupi seperti ini membuatku marah. Bagiku jelas (tamu) pria itu menghina para aktor. Dia tidak lucu. Dia mengatakan itu karena dia tahu kalian tidak mengerti bahasanya," tulis seorang netizen seperti dikutip AllKpop. 

Pernyataan tersebut pun mendapat dukungan dari seorang netizen Korea yang juga belajar di Jerman. Dia menuliskan bahwa tamu Jerman itu memang menyebut Lee Seo Jin dan Park Seo Joon gay. 

"Aku juga belajar di Jerman sekarang, aku ingin menegaskan pria itu mengejek Lee Seo Jin gay, dia tidak memujinya tampan," imbuh netizen lainnya. 

Kemudian, netizen Korea lainnya turut mengungkapkan bahwa tindakan rasisme juga dilakukan oleh tamu asing dari Swiss. 

"Pasangan Jerman dan Swiss mengatakan Lee Seo Jin pasti campuran karena tampan. Mereka melakukan observasi rasis mengatakan kebanyakan Asia jelek, jadi Lee Seo Jin pasti campuran. Pasangan kedua, si pria jelas-jelas menyebutkan mereka (Lee Seo Jin dan Park Seo Joon) pria gay, dia terang-terangan rasis. Mereka tahu ada kamera dan tetap mengatakan hal itu. Jadi, bisa kalian bayangkan betapa rasisnya mereka sehari-hari," tulis netizen Korea. 

Pihak tvN belum memberikan keterangan atau pernyataan mengenai gaduh rasisme yang didduga dialami oleh dua aktor mereka selama syuting di Spanyol.

Namun, video YouTube yang memperlihatkan episode tamu-tamu asing yang viral tersebut telah dihapus dari akun resmi tvN. 

(syf/syf)
Tonton juga video berikut:
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER