Sedih, Ini Alasan Jin BTS Sungkan Terlalu Dihormati sebagai Member Tertua

SYF - INSERTLIVE
Minggu, 04 Apr 2021 09:02 WIB
Jin BTS
Jakarta, Insertlive -

BTS tampil pada sesi wawancara dengan stasiun televisi KBS beberapa waktu lalu.

Selain menampilkan beberapa lagu, member BTS juga melakukan wawancara mengenai perjalanan karier mereka sejauh ini. 

RM, Jin, SUGA, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook terlihat semakin tampan mengenakan busana formal dengan warna natural. 


Pada acara tersebut, host meminta boy group besutan HYBE (dulu Big Hit Entertainment) tersebut untuk mengutarakan pujian pada masing-masing member sesuai urutan duduk. 

Salah satu yang cukup menarik perhatian adalah ketika J-Hope membicarakan sekaligus memuji Jin. 

"Jin adalah laki-laki yang baik, dia tampan, memiliki bahu lebar, suaranya indah, dan sudah tua, hahaha," ujar J-Hope.

J-Hope mengatakan dia hanya bercanda saat menyebut Jin sudah tua untuk mencairkan suasana karena selama ini para member BTS bisa dibilang nyaris tidak pernah menuturkan pujian secara terang-terangan. 

"Aku hanya bercanda mengatakan dia (Jin) sudah tua, dia memang member paling tua, (dulu) aku pikir dia seseorang yang strict terkait hierarki usia," imbuhnya. 

Ternyata dugaan J-Hope salah, Jin sangat santai dan tidak mempermasalahkan hierarki usia pada member BTS. 

Dalam kebudayaan Korea Selatan, usia merupakan faktor penting karena memengaruhi gaya bicara dan cara bersosialisasi seseorang. Jadi, mereka yang berusia lebih tua wajib dihormati dan diperlakukan dengan sopan oleh mereka yang lebih muda. 

Oleh karena itu, Jin sebagai member BTS paling tua secara otomatis diperlakukan dengan lebih hormat oleh para member yang lebih muda. Namun, hal yang demikian bukan permasalahan untuk Jin, dia justru lebih nyaman ketika semua member berperilaku santai kepadanya. 

"Jin sama sekali tidak seperti itu (menuntut dihormati), dia justru membuat kami nyaman dan terkontrol secara general, dia selalu membuat semuanya menyenangkan," ungkapnya. 

Jin memiliki alasan mengapa dia merasa tidak patut mendapatkan perlakuan hormat secara berlebihan karena merasa talentanya tidak sehebat member BTS lainnya. 

"Mereka (member BTS) semua memiliki talenta yang luar biasa, aku tidak lebih baik dari mereka dalam hal apa pun, tapi kalau mereka tidak lebih baik dari aku, mungkin aku akan menjadi orang yang disiplin tinggi," jelas Jin yang disambut tawa ringan dari para member BTS lainnya. 

Kemudian, V mengatakan bahwa secara tidak langsung Jin memuji semua member BTS. 

"Sepertinya kamu baru saja memberikan kami semua pujian," pungkas V. 

Para member BTS lainnya kemudian menyebut Jin sangat keren memiliki sikap yang demikian, Jin pun hanya membalas dengan senyuman. 

(syf/syf)
Tonton juga video berikut:
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER