Sedih, Kang Daniel Sempat Tidak Ingin Hidup karena Alami Depresi

SYAFRINA SYAAF - INSERTLIVE
Kamis, 18 Feb 2021 12:21 WIB
Kang Daniel
Jakarta, Insertlive -

Kang Daniel baru saja tampil pada MBC Radio Star, dia dengan terbuka membicarakan masa-masa saat harus mengambil cuti dari ranah hiburan karena mengalami depresi dan gangguan panik.

Acara tersebut juga menampilkan musisi Kim Bum Soo, pelatih kesehatan Yang Chi Seung, dan komedian Park Young Jin sebagai tamu spesial.

"Tahun lalu kamu mengalami komplikasi kesehatan, jadi apakah kamu sudah sembuh sekarang?," tanya pembawa acara Kim Gu Ra.


"Ya, itu tahun lalu, aku mengalami gangguan panik dan depresi," jawab Kang Daniel.

Kang Daniel menjelaskan bahwa kondisinya kala itu sangat mengkhawatirkan karena dia sempat merasa tidak ingin melanjutkan hidup.

"Aku tidak memiliki keinginan untuk hidup, aku kehilangan nafsu makan, dan tidak bisa tidur," imbuhnya seperti dinukil AllKPop.

Kondisi fisik dan mental yang demikian membuatnya jadi mempertanyakan banyak hal.

"Mengapa aku harus melakukan ini? Aku kehilangan tujuan, aku merasa seperti zombie daripada manusia hidup. Aku merasa hampir seperti tidak hidup," paparnya.

Beruntung, dia tak lama-lama larut dalam kegelapan tersebut. Musik menjadi penyelamat hidup Kang Daniel.

"Saat itu, aku mendengarkan banyak musik. Aku menonton penampilan artis lain. Saat itulah aku mulai mendapatkan gairah lagi. Aku berpikir, 'Oh, aku ingin seperti itu. Aku ingin terus tampil. Berada di panggung lagi," urainya.

Pada saat mengalami depresi, Kang Daniel mengaku sempat ingin pensiun demi menjalani kontemplasi diri.

Namun, pengalaman berada dalam kondisi mental yang berantakan justru mendorongnya untuk menulis lagu.

"Aku menulis lirik lagunya saat itu, lagunya menjadi sangat gelap. Lagu Paranoia mengungkapkan rasa paranoidku bahwa aku mungkin telah melukai diri sendiri, koreografinya juga sangat gelap," pungkasnya.

(syf/syf)
Tonton juga video berikut:
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER