6 Kontroversi Drama Korea Sepanjang 2020, Hina Sejarah hingga Pelecehan Seksual

Dini Astari - INSERTLIVE
Rabu, 30 Dec 2020 22:00 WIB
Mr. Queen

6. Mr. Queen

Drama Korea terbaru Desember, Mr. Queen, mendapat sambutan meriah di penayangan perdana mereka pada Sabtu (12/12). Rating dua episode awal juga terbilang tinggi yaitu 8 dan 8,8 persen.

Namun, di samping kesuksesan itu, ada kontroversi yang membuat beberapa warga Korea Selatan mengkritik drama ini. Kontroversi itu terkait dengan sejarah yang jadi latar drama.

Ada suatu adegan di mana Ratu So Yong (Shin Hye Sun) yang sebenarnya adalah pria modern, memberi pujian pada Raja Cheoljong (Kim Jung Hyun).


Ia mengatakan Raja Cheoljong tak seburuk yang dikisahkan sejarah, dan menyebut catatan sejarah atau jirashi Dinasti Joseon hanya gosip belaka.

Padahal, catatan sejarah itu telah ditetapkan sebagai harta nasional ke-151 oleh Pemerintah Korea. Catatan ini juga terdaftar dalam daftar memori dunia UNESCO.

Menanggapi hal ini, pihak produksi pun angkat suara. Mereka menjelaskan bahwa drama ini sebenarnya diangkat dari sebuah web drama China berjudul Go Princess Go yang merupakan adaptasi novel Princess Amity.

Pihak produksi mengakui kelalaian mereka karena tidak teliti soal dialog yang ternyata menyinggung sejarah Korea.

[Gambas:Video Insertlive]



7 / 7
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER