Eksklusif

Jatuh Bangun sogumm hingga Sabet Rookie of the Year di KMA 2020

arm - INSERTLIVE
Kamis, 17 Dec 2020 14:00 WIB
sogumm
Jakarta, Insertlive -

Solois asal Korea Selatan sogumm berhasil menyabet penghargaan di ajang Korean Music Award 2020 sebagai Rookie of the Year.

sogumm mengaku dirinya masih tak percaya bisa memenangkan penghargaan tersebut. Oleh karena itu sogumm pun ingin mengucapkan terima kasih pada berbagai pihak hingga berhasil mendapatkan penghargaan.

"Saya juga tidak percaya ini terjadi dan saya masih kagum. Ketika saya melihat trofi, saya masih berpikir 'Apakah saya benar-benar memenangkan ini?'," kata sogumm saat berbincang dengan InsertLive melalui surel.

"Penghargaan yang sangat bergengsi dan saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk berterima kasih kepada semua produser dan semua orang yang telah membantu saya dalam proses pembuatan album," sambungnya.


sogumm menambahkan dirinya merasakan beban tersendiri usai menerima penghargaan tersebut. Namun sogumm kembali berpikir dan menjadikan pencapaian tersebut sebagai motivasi untuk mengembangkan karya-karyanya.

"Setelah memenangkan penghargaan, saya merasa terbebani dan termotivasi pada saat bersamaan. Saya segera merasakan tekanan untuk segera merilis beberapa musik yang bagus tetapi saya menyadari bahwa hampir tidak mungkin untuk memaksakannya seperti itu," ujar sogumm.

"Saya merasa perlu untuk lebih menantang diri saya sendiri dan mengalami beberapa kegagalan juga. Saya mencoba menggunakan perasaan membebani ini untuk mendorong diri saya lebih keras saat ini dan mencoba untuk mengeksplorasi banyak hal yang berbeda," tambahnya.

sogummsogumm/ Foto: Dok. AOMG

Untuk mendapatkan penghargaan tersebut tentu jalan yang dilalui sogumm tidaklah mudah. Ia telah melewati berbagai fase dalam menciptakan musik-musiknya.

Kala itu sogumm berpikir untuk melahirkan banyak karya dan berkolaborasi dengan berbagai musisi. Saat itulah ia memutuskan untuk mengikuti ajang Sign Here dan menemukan jati dirinya yang sekarang di bawah naungan agensi AOMG.

"Saya tidak yakin dengan jenis musik apa yang ingin saya lakukan dan mengupload banyak musik dan mencoba genre berbeda di akun SoundCloud saya sebelum mengikuti Sign Here," katanya.

"Saat saya mengerjakan musik dengan mereka (musisi lain), saya mendaftar ke Sign Here untuk menantang diri saya sendiri dan hal itu membawa saya ke AOMG," ujar sogumm.

Wawancara ini diatur oleh MAXPERIENCE (MPE).

[Gambas:Youtube]



(arm/fik)
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER