Viral

Crazy Rich Jepara Bikin Jembatan Pakai Uang Pribadi, Ini Reaksi Ganjar Pranowo

INSERTLIVE | Insertlive
Jumat, 13 May 2022 12:47 WIB
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, di Borobudur Edupark, Minggu (9/1/2022).
Jakarta, Insertlive -

Publik belakangan tengah dihebohkan dengan sosok Kholil (54) warga Desa Kecapi, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, yang mengaku membangun jembatan senilai Rp3,7 miliar dari uang pribadi.

Lewat sebuah cuitan akun Twitter @jowojyowaskito, pria yang dikenal dengan nama Mbah Kholil ini memutuskan membangun jembatan karena tidak ada pergerakan dari pemerintah setempat untuk memperbaiki jembatan.

"Jembatan dan jalan ini aku buat dengan dana pribadi 3,7 miliar. Bupati Jepara dan Ganjar pura-pura tidak tahu, lain dengan Bupati Grobogan yang berterima kasih. Lokasi jembatan ini hanya berjarak 7 kilometer dari Kota Kabupaten Jepara, di Desa Kecapi Kedungjogo RT 15/02 Tahunan," tulis Mbah Kholil dalam cuitan yang ditulis pada Selasa (3/5) itu.


Cuitan tersebut sempat heboh dan mendapat banyak komentar warganet. Tak sedikit pula warganet yang mengkritik Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo karena lamban membangun daerahnya hingga seorang warga harus membangun fasilitas publik dengan uang pribadi.

Crazy Rich Jepara bangun jembatan pakai kocek pribadiCrazy Rich Jepara bangun jembatan pakai kocek pribadi/ Foto: Detik.com

Ganjar Pranowo pada Kamis (12/5) pun menanggapi aksi Mbah Kholil membangun jembatan tersebut. Menurutnya, langkah tersebut sangat bagus dalam membantu pembangunan yang berguna bagi masyarakat.

"Bagus, namanya cinta daerah kan boleh, yang penting ikhlas apa nggak," ungkapnya kepada awak media.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengklarifikasi bahwa tidak ada komunikasi dari Mbah Kholil kepadanya sebelum membangun jembatan.

"Itu orang Jepara yang katanya hubungin saya di-track kok nggak ada. Kita cari, jangan-jangan kita yang salah. Ketemu gubernur gampang. Dia nggak pernah DM saya. Kalau dia WA saya, DM saya ya, bisa (bertemu)," lanjutnya.

Sebelumnya publik juga dihebohkan dengan aksi Crazy RichGrobogan yang membangun jalan yang menghubungkan tiga desa sepanjang 1,8 kilometer. Pembangunan itu disebut-sebut menghabiskan dana pribadinya Rp2,8 miliar.

Sosok itu adalah Joko Suranto yang mengaku membuat jalan baru demi kelancaran mudik.

(dia/fik)
Tonton juga video berikut:
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
UPCOMING EVENT Lebih lanjut
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER