Pembakar Rumah Alm Uje Jadi Tersangka Penculikan 12 Bocah & Terorisme

ARM | Insertlive
Jumat, 13 May 2022 08:00 WIB
Abbi Rizal Afif (28), pelaku penculikan anak di Bogor dan Jaksel ditangkap polisi
Jakarta, Insertlive -

Abi Rizal Afif, pria yang sempat heboh karena pernah menjadi perampok dan pelaku pembakaran rumah mendiang Ustaz Jefri Al-Buchori alias UJe pada 2014 silam.

Pria berusia 28 itu pun kembali berurusan dengan kasus hukum usai menculik 13 anak-anak.

Polisi menangkap Rizal Afif di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (12/5). Pada proses penangkapan itu, polisi juga berhasil menyelamatkan 10 anak yang duga menjadi korban penculikan.


Dari hasil pemeriksaan, Rizal Afif mengakui menjadi pelaku dari 12 anak di Jakarta, Bogor, dan Tangerang Selatan.

Selain penculikan, Rizal Afif juga pernah menjadi narapidana kasus terorisme dan baru keluar dari Lapas Gunungsindur pada Februari 2022 atas kasus tersebut.

"Terhadap yang bersangkutan, kami masih lakukan pendalaman. Karena berdasarkan pengakuan tersangka, tersangka sudah 3 kali menjalani hukuman pidana. Dua kali (di antaranya) menjalani pidana kasus terorisme," kata Kapolres Bogor AKBP Imam Imanuddin dikutip dari detik.com.

Tak hanya kasus terorisme, Rizal Afif juga sempat terlibat kasus penipuan di Depok. Bahkan, pria asal Depok itu disebut mengaku pernah mengikuti pelatihan perang di Poso.

Pada 2014 lalu, RIzal Afif juga pernah menjadi pelaku pembakaran dan perampokan rumah Uje, yang kini ditempati Pipik Dian Irawati alias Umi Pipik.

"Kejadian pas masalah di Pondok Indah, itu masalah rumah kebakar almarhum Uje. Yang kasus Uje itu saya belum jadi RT, baru pejabat sementara, plt," ujar Ahyarudin Ketua RT Bojongsari, Depok yang pernah menjadi domisili RIzal Afif.

Mengenang 8 tahun kepergian UjeUje/ Foto: instagram.com/uje_fans_club_

Hal ini pun telah dibenarkan oleh Kapolres Bogor AKBP Iman Imanudin. Ia membenarkan bahwa tersangka pernah merampok dan membakar rumah mendiang Uje.

"Iya, dia pernah bakar rumah Ustaz Uje," katanya.

(arm/arm)
Tonton juga video berikut:
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
UPCOMING EVENT Lebih lanjut
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER