Kisah Wanita yang Habiskan Rp20 Juta untuk Mudik

INSERTLIVE | Insertlive
Jumat, 13 May 2022 07:30 WIB
Poster
Jakarta, Insertlive -

Seorang pemudik wanita bernama Susan Isa Susilo mencuri perhatian warganet usai membeberkan pengalamannya mudik ke kampung halaman yang menghabiskan biaya sekitar Rp20 juta selama satu minggu.

Pengalaman tersebut tertuang dalam kisahnya di akun TikTok @susansusiloputri.

Sang pemilik akun mengaku bahwa ceritanya bukan karena ingin mengeluh, tetapi ingin membagikan pengalaman lainnya untuk para pemudik.


Diceritakan bahwa Susan Ida Susilo sebelumnya pergi mudik ke Wonosobo, Jawa Tengah.

"Rp 20 Jutaan dihabiskan hanya untuk satu minggu, balik ke Jakarta mikir biaya operational buat sehari-hari kerja, bukan ngeluh tapi hanya, sharing aja #mudik #wonosobo #temanggung," tulis keterangan video akun TikTok @susansusiloputri.

"Cuman mau bilang, biaya mudik itu nggak murah," sambungnya.

Melansir dari Wolipop, Susan Ida Susilo membeberkan rincian biaya Rp20 juta yang dihabiskannya selama satu minggu pulang ke kampung halaman.

Ia mengaku bahwa biaya tersebut dimulai dari persiapan sebelum mudik yakni servis mobil, membeli hampers lebaran hingga mengisi bensin serta e-toll.

Pemudik curhat habiskan biaya Rp 20 Juta untuk mudik kampung halaman.Pemudik curhat habiskan biaya Rp 20 Juta untuk mudik kampung halaman./ Foto: Dok. TikTok @susansusiloputri.

 

Dari pengakuannya, Susan Ida Susilo berangkat mudik pada Minggu (1/5) ke Wonosobo dan pulang ke Pondok Gede, Bekasi pada Kamis (5/5).

Total budget yang ia persiapkan adalah Rp25 juta untuk perjalanan pergi mudik hingga pulang ke rumah.

Pemudik curhat habiskan biaya Rp 20 Juta untuk mudik kampung halaman.Pemudik curhat habiskan biaya Rp 20 Juta untuk mudik kampung halaman./ Foto: Dok. TikTok @susansusiloputri via wolipop.

Viralnya video Susan Ida Susilo dalam merinci biaya mudik membuatnya mengingatkan agar para pemudik harus siap melebihkan budget agar nyaman selama di perjalanan.

"Harus sehat, agar tidak merepotkan keluarga, jadi budget bisa terealisasikan. Perbekalan yang cukup kalau bisa lebihkan untuk air mineral. Budget lebih ya karena kita nggak tahu kondisi di jalan, dan buat balik kembali ke ibukota," pungkasnya.

(dis/dis)
Tonton juga video berikut:
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
UPCOMING EVENT Lebih lanjut
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER