Analogikan Gala Nyaman Diasuh Bandar Narkoba, Pengacara Doddy Tuai Cibiran

kpr | Insertlive
Jumat, 14 Jan 2022 21:30 WIB
Doddy Sudrajat
Jakarta, Insertlive -

Emma Waroka, sahabat mendiang Vanessa Angel tampak emosi dengan pengacara Doddy Sudrajat. Hal ini bermula saat awak media menyebut kemungkinan pertimbangan kenyamanan Gala sebagai salah satu syarat terkait perwalian.

Hal tersebut dikarenakan selama ini Gala Sky Andriansyah terlihat nyaman tinggal bersama keluarga H. Faisal, ayah Bibi Ardiansyah.

"Apa syarat mutlak yang harus dipenuhi untuk tercapai perdamaian?" tanya wartawan.


"Kita kan mengacu pada KHI (kompilasi Hukum Islam), karena di KHI hak atas anak dibawah umur itu yang mendapatkan hak tersebut adalah ibu. Ibu meninggal garis keturunan teratas atau dibawahnya yang punya hak tersebut," kata pengacara.

"Tapi kemarin Komnas PA mengatakan kalau iya hukum akan berlaku, tapi situasi, kondisi, kenyamanan anak juga perlu diutamakan," seru wartawan.

[Gambas:Instagram]



Pengacara Doddy Sudrajat itu menilai jika perasaan nyaman tidak dapat dijadikan dasar kuat untuk memutuskan perwalian. Ia pun memberikan sebuah analogi jika seorang anak tidak mungkin diasuh oleh bandar narkoba meskipun dirinya merasa nyaman.

"Iya betul. Tapi KHI udah jelas, kalau emang anak tersebut nyaman, kita ambil analoginya anak tersebut nyaman kepada bandar narkoba apakah tetap akan disana? (diasuh sang bandar). Tidak juga. Ada kapabilitas di situ, tidak hanya kenyamanan," ucap sang pengacara.

"Apa hal buruk dari keluarga Pak Faisal, bandar narkoba terlalu berat," kata wartawan.

"Maksudnya itu bukan buat menggambarkan keluarga Pak Faisal, tapi tadi kan (membahas kenyamanan), ketika anak tersebut nyaman diasuh bandar narkoba, apakah negara tidak bisa mengambil anak tersebut? Bisa kan? Karena ada di UU soal perwalian. Ada klasifikasinya siapa yang berhak dan diutamakan mendapat perwalian," ujar pengacara.

Sontak saja potongan video yang diunggah oleh akun @viral62com, viral di media sosial. Tak sedikit hujatan yang dilontarkan terhadap pengacara Doddy Sudrajat itu. Termasuk Emma Waroka yang menilai pengacara ayah mendiang Vanessa Angel itu hanya asal bicara dan tidak memperlihatkan ilmu seorang pengacara.

"Lagi musim lawyer asbun. Yuk dipakai ilmunya, bapak-bapak yang terhormat #teammamagalaonline," tulis Emma Waroka di Instagram Stories miliknya.

Tak hanya itu salah satu akun juga mengunggah ulasan terkait makna analogi. Akun tersebut juga menilai analogi yang digunakan oleh pengacara Doddy Sudrajat itu tidak pantas. Ia menilai sang pengacara tidak mencerminkan ilmu yang telah dipelajari bertahun-tahun.

"Lawyer, tapi bicara TIDAK BERATURAN. Apapun yang diucapkan lawyer secara tidak langsung, MEWAKILI KLIEN.Apa mimin pernah terlewat? Kok rasanya pak @sandyarifinsh dalam membela klien tidak pernah menjelekkan lawan seperti yg sering dilakukan pihak itu. Kenapa ya? Belajar hukum 4 tahun tapi analogi dan etika tidak tahu," seru akun @tipiestepoes.

"Strike!! Kuasa hukum kasus hak asuh dan hak wali anak, sarjana hukum, sekolah 4 tahun, praktek bertahun-tahun, tapi masih bodoh dalam menganalogikan. Selamat anda menambah daftar panjang lawyer yang suka bicara sembarangan," lanjutnya.

[Gambas:Instagram]



(kpr/kpr)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER