Operasi Saraf Kejepit, Hanung Bramantyo Ingatkan Bahaya Penanganan Sembarang

Insertlive | Insertlive
Selasa, 21 Dec 2021 20:35 WIB
Hanung Bramantyo
Jakarta, Insertlive -

Hanung Bramantyo mengaku belum lama ini melakukan operasi. Hanung ternyata mengalami saraf kejepit hingga harus mendapatkan penanganan serius.

Suami Zaskia Adya Mecca ini cerita sudah melakukan berbagai pengobatan untuk menyembuhkan saraf kejepit. Namun berbagai teknik pengobatan yang dilakukan tak berdampak apa-apa hingga terpaksa melakukan operasi karena sudah semakin parah. 

"Kenal sama dokter @ryuhasan udah lama. Baru tahu kalo beliau dokter syaraf gara2 ke rumah mas @masbutet. Dasar stupid emang saya 🤣🤣🤣 ... kalo tau dari dulu mas @ryuhasan adalah dokter syaraf, pastilah saya nggak akan kemana-mana buat konsultasi syaraf kejepit saya. Alhasil, gara2 keluguan saya itu, saya jadi kemana-mana berobat, terapi, pijat, akupuntur, was wess wooss ... sampe kemudian sekarang udah kasep. Syaraf saya yang kejepit ampe pecah dan harus operasi," tulis Hanung di Instagram yang dikutip pada Selasa (21/12).


Sutradara kawakan ini lantas cerita gejala saraf kejepit yang dialaminya. Ia lantas menyarankan agar melakukan MRI (Magnetic resonance imaging) untuk mengetahui dengan pasti masalah saraf kejepit.

"Sekedar cerita, buat jadi warning teman2 semua. Sakit saya berawal dari kesemutan di jari yang gak sembuh2 sampe kebas. Setelah itu, sy kontrol ke dokter syaraf. Disarankan untuk rontgen. Waktu itu saya nurut karena MRI mahal. Saran saya, langsung aja MRI, biar jelas kondisi syaraf kita kenapa? Dari MRI itu kita bisa lihat di bagian mana syaraf yang terjepit. Setelah itu, datang ke dokter syaraf yang bisa memberikan penjelasan yang baik dan logis. Saran saya, ke dokter @ryuhasan," cerita Hanung.

[Gambas:Instagram]

Saraf kejepit memang membuat Hanung merasakan nyeri hingga melakukan berbagai kegiatan untuk mengatasinya. Namun hal itu ternyata malah berakibat fatal dan menyebabkan saraf pecah.

"Menurut pengalaman saya, syaraf yang kejepit itu bikin nyeri. Akibat nyeri, saya terdorong melakukan apapun : terapi, renang, pijat alternative, dan yang paling bahaya nih ... ikut2an isteri olah raga, jumpalitan, lakangnya ditarik ngalor ngidul, banji jumping, OUT BOND prek silit pitik kopet 🤣🤣🤣 ... hal itu bukannya bikin syaraf makin bener, malah pecah dan harus operasi. Bahkan sekarang, saya dilarang naik motor. Kendaraan favorit saya 🙈🙈🙈," ungkap Hanung.

Hanung kini sudah menjalani operasi saraf kejepit dan kondisinya sudah membaik. Namun ia sedih karena ada banyak pantangan untuk melakukan kegiatan favorit salah satunya naik motor.

"Sekali lagi, ketika di vonis syaraf kepejepit, hindari hal2 gerakan yang membuat guncangan : naik motor, lari, sepak bola, loncat2, naik kuda. Dan konsultasi ke dokter syaraf yang bener. Semoga jadi pengalaman bermanfaat. Amin," tutup Hanung.

(ikh/ikh)
Tonton juga video berikut:
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
UPCOMING EVENT Lebih lanjut
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER