Istri Sembuh Covid-19 usai Kritis Lantaran Autoimun, Indra Lesmana Bersyukur

kpr - INSERTLIVE
Kamis, 25 Nov 2021 21:40 WIB
Indra Lesmana dan Istri
Jakarta, Insertlive -

Hanny Trihandojo, Istri Indra Lesmana, baru saja dinyatakan sembuh dari Covid-19. Hanny yang mengidap autoimun sempat mengalami kondisi yang kritis saat terpapar virus Covid-19.

Perjuangan sang istri melawan Covid-19 diceritakan Indra Lesmana dalam unggahan di akun Instagram miliknya. Indra Lesmana bersyukur sang istri bisa sembuh dan kembali lagi ke tengah pelukan keluarga.

"Alhamdulillah hari ini akhirnya aku bisa bersama istriku kembali setelah harus dipisahkan selama 2 minggu. Bersyukur sekali dan sekaligus bangga terhadap istriku yang telah menang berjuang melawan COVID-19 dan menjadi Covid Survivor dengan Comorbid autoimmune," tulis Indra Lesmana.


[Gambas:Instagram]



Indra Lesmana menceritakan awal mula sang istri bisa terpapar virus Covid-19. Hanny mengalami gejala pada 4 November 2021, pada 7 November ia memutuskan untuk melakukan tes PCR dan dinyatakan positif dengan CT 13 pada 8 November 2021.

Setelah dibawa ke rumah sakit, istri Indra Lesmana dianggap memiliki gejala yang ringan. Maka dari itu, dokter hanya memberikan obat dan memperbolehkan istri Indra Lesmana untuk melakukan isolasi mandiri serta rawat jalan. Indra Lesmana pun memilih untuk melakukan isolasi terpusat.

"Setelah mencoba menghubungi sahabat-sahabat di Bali kami dianjurkan untuk Isoter (Isolasi Terpusat), namun untuk Isoter tentunya butuh data-data hasil darah dan CxR, yang ternyata setelah di-check, Hon masuk dalam kategori terpapar COVID-19 dengan gejala sedang/berat ditambah memiliki comorbid autoimmune dan harus masuk rumah sakit saat itu juga," jelas Indra Lesmana.

"Saat itu hari mulai malam dan kami sudah cukup letih sehingga akhirnya malam itu kami memutuskan untuk Hon makan malam, minum obat antivirus dan obat-obatan lainnya, bermalam di Villa Isoter. Saya pulang ke rumah dan melakukan isolasi dengan tidak bertemu anak-anak dulu. Saya dan Hon sebelum tidur memasang alarm setiap 3 jam untuk bisa bangun dan check saturasi melalui oxymeter. Malam itu Hon demam tinggi," bebernya.

Pada 9 November 2021, Indra Lesmana memutuskan untuk membawa sang istri ke Rumah Sakit Surya Husadha. Sang istri pun akhirnya harus masuk ke ruang rawat isolasi. Tiga hari kemudian, setelah melakukan isolasi mandiri Indra Lesmana dan anak-anaknya melakukan tes PCR. Bersyukur hasilnya menyatakan negatif.

Akan tetapi, kondisi sang istri dikabarkan semakin menurun. Dokter mengatakan ada masalah pada paru-paru Hanny dan saturasi oksigennya yang rendah. Ditambah lagi Hanny mengidap autoimun sehingga harus sangat hati-hati untuk menanganinya.

"Sehingga selain dengan dokter-dokter yang menangani langsung, saya juga melakukan konsultasi bersama dokter-dokter autoimmune nya Hon yang ada di Bali maupun Jakarta. Hari ke 6,7, dan 8 adalah hari-hari yang paling berat, saturasi Hon semakin drop dan setiap batuk (maaf) mengeluarkan darah," kisah Indra Lesmana.

"Namun dengan bantuan dokter-dokter yang luar biasa, perawat-perawat yg baik hati, doa dan support dari sahabat-sahabat, dan komunikasi dari dokter-dokter lainnya, Alhamdulillah Hon melewati masa kritisnya dengan baik dan hari Sabtu tanggal 20 November kami dikabari oleh tim dokter bahwa progress Hon sangat memungkinkan untuk recovery rawat jalan, insyaAllah Selasa tanggal 23 November," lanjutnya.

[Gambas:Instagram]



Setelah berjuang melawan virus Covid-19, Hanny akhirnya dinyatakan negative dan diperbolehkan pulang pada 22 November 2021. 

"Kemarin setelah Hon diperiksa kembali, Alhamdulillah Hon dinyatakan boleh keluar rumah sakit untuk bisa mulai rawat jalannya hari ini," tuturnya.

Indra Lesmana pun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantunya. Mulai dari kerabat, sahabat, dan dokter serta perawat yang menangani sang istri.

(kpr/kpr)
Tonton juga video berikut:
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
UPCOMING EVENT Lebih lanjut
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER