Heboh Chef Renatta, UAS Sebut Muslim Boleh Makan Babi Asal ...

DIS | Insertlive
Rabu, 10 Nov 2021 14:55 WIB
Ustaz Abdul Somad
Jakarta, Insertlive -

Chef Renatta tengah disorot lantaran terciduk asyik makan daging babi panggang khas Ambawang, Kalimantan.

Dalam akun TikTok @ahe.andri, Chef Renatta ditemani oleh Chef Juna yang tengah bertandang ke Kalimantan dan mencicipi kuliner khas tersebut.

"Bang ini bukan menyinggung ya, gue cuma nanya aja. Chef Renatta kok makan itu, bukannya dia Islam? Ini bukan mau menyinggung ya," tulis komentar salah satu warganet menanggapi video viral tersebut.


Komentar itu langsung ditimpali warganet yang membahas agama Chef Renatta.

Hal ini mengingatkan publik saat Ustaz Abdul Somad berbicara bahwa makan babi bagi muslim bisa dikatakan halal bila mengikuti syaratnya.

"Babi itu haram, tapi makan babi tidak selamanya haram," ujar Ustadz Abdul Somad saat hadir di diskusi virtual bersama IDI.

Kondisi yang dimaksud UAS adalah ketika seorang umat Muslim berada hutan dan tidak bisa menemukan sumber makanan halal di sekitarnya.

Selain itu, bila seorang Muslim tengah kelaparan, maka daging babi yang ada di sekitarnya dibolehkan dimakan.

"Jadi, ketika masuk di dalam hutan, dan di dalam hutan itu tidak ada makanan, tidak ada pisang, tidak ada umbi-umbian. Sementara (saat itu) pilihannya hanya babi atau mati," terangnya.

"Maka saat itu tidak boleh (umat Islam) pilih mati. Jadi, boleh makan babi karena (situasinya) darurat," pungkasnya.

Namun, harus dipahami dengan tegas bahwa kondisi darurat itu berlaku mutlak dan daging babi tetap dikatakan haram ketika ada sumber makanan lain yang halal.

Keseruan Chef Renatta dan Chef Juna Cicip Bipang AmbawangKeseruan Chef Renatta dan Chef Juna Cicip Bipang Ambawang/ Foto: TikTok @ahe.andri
(dis/and)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER