Setahun Menghilang Tanpa Jejak, Heboh Isu Jack Ma Muncul di Hong Kong

DIS - INSERTLIVE
Rabu, 13 Oct 2021 11:15 WIB
Jack Ma Muncul Lagi Usai Dikabarkan Hilang, Netizen Bahagia Setahun Menghilang Tanpa Jejak, Jack Ma Mendadak Muncul di Hong Kong (Foto: Twitter/globaltimesnews)
Jakarta, Insertlive -

Jack Ma pendiri Alibaba Group dikabarkan muncul secara perdana ke publik setelah menghilang sejak tahun 2020.

Melansir dari The Standard, menurut beberapa saksi serta pernyataan dua sumber terpecaya yang tak disebutkan namanya itu, Jack Ma terlihat di Hong Kong pada 1 Oktober kemarin.

Hal ini menjadi penampakan pertama Jack Ma secara resmi di publik di luar China daratan setelah dirumorkan dilarang untuk meninggalkan negaranya.


Namun, tak ada foto maupun video yang memperlihatkan sosok Jack Ma berada di Hong Kong dalam laporan yang menggemparkan ini.

Tak jelas pula apa kegiatan Jack Ma selama di Hong Kong. Jack Ma sendiri memang memiliki rumah mewah di Hong Kong di antara koleksi propertinya.

Ada kemungkinan bahwa Jack Ma memang menetap di sana.

Jack Ma dilaporkan menghilang secara misterius sejak Oktober 2020 setelah berpidato di Bund Summit di hadapan ratusan bankir serta perwakilan China soal kritikan sistem keuangan negaranya yang dinilai sudah ketinggalan zaman.

Kritik kerasnya pada sistem finansial di China membuat pemerintah marah, bahkan menurut sumber, Presiden Xi Jinping langsung memerintahkan IPO Ant Financial, perusahaan Jack Ma yang hendak melantai di bursa saham dihentikan.

Perusahaan Alibaba milik Jack Ma lantas didenda besar karena tuduhan aksi monopoli.

Pada awal 2021 tepatnya tanggal 20 Januari, Jack Ma hadir perdana di dunia maya setelah dinyatakan menghilang.

Dalam video berdurasi 50 detik, Jack Ma hadir dalam acara tahunan Penghargaan Guru Pedesaan. Jack Ma mengenakan sweater biru tua dan kaus putih.

(dis/fik)
Tonton juga video berikut:
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER