Engkan Herikan Ungkap Bukti di Sidang Gugatan Hak Cipta yang Seret Tina Toon

Audy - INSERTLIVE
Selasa, 14 Sep 2021 20:50 WIB
tina toon
Jakarta, Insertlive -

Sidang gugatan hak cipta lagu Bintang yang diajukan Engkan Herikan selaku pencipta lagu kepada sejumlah pihak termasuk Tina Toon digelar Selasa (14/9).

Sidang itu beragendakan pembuktian penguggat. Engkan Herikan yang diwakili kuasa hukumnya Christian R. Valentino Aunalal dan Muhammad Iqbal Arbianto mengaku membeberkan 25 bukti saat persidangan berlangsung.

"Hari ini pembuktian dari kita sekitar 25 bukti bahwa adanya pelanggaran yang dilakukan oleh tergugat," ungkap Christian ditemui seusai sidang.


Bukti-bukti yang dibeberkan tak hanya berupa CD dan kaset musik milik Anima tetapi juga surat perjanjian dengan Sony Music yang sama sekali tidak mencantumkan soal pengalihan hak cipta.

"Dari klien kami hanya ada perjanjian terkait manajemen dari artisnya, tidak ada perjanjian pengalihan lagu atau pun hal-hal yang berkaitan dengan lagu yang diciptakan klien kami," jelas Muhammad Iqbal.

Bukti ini pun dinilai Muhammad Iqbal bisa menjadi penegasan bahwa kliennya tidak asal-asalan dalam mengunggat soal hak cipta.

"Intinya kami menunjukkan bukti ingin juga masyarakat menilai bahwa kami tidak asal-asalan mengajukan gugatan," bebernya.

Sementara itu, pihak Tina Toon yang diwakili kuasa hukumnya Jeffry Martono mengaku tidak terlalu terbebani dengan tuntutan. Tina juga tidak hadir lantaran sibuk.

"Beliau tidak akan hadir karena seperti kita tahu aktivitas dia sangat penuh. Beliau juga tenang-tenang aja, karena kita posisinya turut tergugat aja nggak lebih dari itu," ungkap Jeffry.

Sidang selanjutnya akan digelar dua minggu kemudian dengan agenda pembuktian dari pihak tergugat. Setelah itu, sidang akan berlanjut dengan pemanggilan para saksi.

(dia/dia)
Tonton juga video berikut:
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER