Pakai Sabu Lewat Anal, Coki Pardede Berisiko Terinfeksi HIV?

Dini Astari | Insertlive
Senin, 06 Sep 2021 13:14 WIB
Coki Pardede sedang jadi sorotan karena terjerat kasus narkoba dan jadi tersangka. Ini penampakannya pakai baju tahanan!
Jakarta, Insertlive -

Coki Pardede resmi menjalani rehabilitasi di RSKO Cibubur sejak Sabtu (5/9). Ia menjalani rehabilitasi setelah mendapat rekomendasi dari BNN.

BNN menetapkan Coki sebagai pengguna yang harus mendapatkan pertolongan dengan menjalani rehabilitasi.

"Jadi, kita ketahui dalam perkara ini, semua teman-teman juga sudah paham, dalam perkara ini si Coki adalah pengguna, ya," kata Kasat Narkoba Tangerang Kota, AKBP Pratomo Widodo dikutip dari detikcom.


"Bisa dikatakan korban dari narkoba itu sendiri. Jadi permohonan ini kita terima. Kemudian selanjutnya saudara Coki akan dilakukan rehabilitasi. Lokasinya di RSKO Cibubur," lanjutnya.

Coki Pardede ditangkap di rumahnya di kawasan Tangerang pada Rabu (1/9). Dari hasil tes urine Coki positif sabut.

Dalam penangkapan itu polisi berhasil menyita barang bukti sabu dengan alat suntik. Polisi menyebut Coki mengonsumsi sabu melalui anal.

Cara mengonsumsi sabu yang tidak biasa seperti yang dilakukan Coki Pardede ini dinilai akan mempunyai risiko lebih besar untuk terinfeksi HIV.

"Kalau dia menggunakan melalui jarum suntik ke dalam dubur, itu dibandingkan kalau dihirup," ungkap Dokter Penyakit Dalam, Prof Dr dr Ari Fahrial Syam.

"Kalau HIV itu, apabila dia menggunakan jarum suntik yang berganti-gantian. Jadi seumpamanya salah satu orang ini HIV, dia menggunakan jarum suntik tersebut, kemudian jarum suntik ini yang sama digunakan lagi untuk orang lain, ya tentu ada kesempatan berikutnya ketika si jarum suntik tersebut mengandung HIV," ungkapnya.

(dia/fik)
Tonton juga video berikut:
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
UPCOMING EVENT Lebih lanjut
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER