Dulu Dipuja, Vicky Zhao Kini 'Dilenyapkan' Pemerintah China

Dini Astari | Insertlive
Jumat, 03 Sep 2021 15:09 WIB
Vicky Zhao
Jakarta, Insertlive -

Aktris Vicky Zhao atau Zhao Wei dan beberapa bintang lainnya telah dicekal pemerintah China.

Sejak Kamis (26/8) eksistensi Vicky Zhao di internet juga diberangus. Namanya di layanan streaming China seperti Tencent Video, iQIYI, dan Youku menghilang begitu saja.

Dikutip dari South China Morning Post, tagar yang berhubungan dengan Vicky Zhao juga lenyap dari Weibo, media sosial milik Negeri Tirai Bambu itu.


Tidak ada keterangan jelas mengenai hilangnya sosok Vicky Zhao di internet. Sejumlah rumor beredar penghapusan ini akibat binsisnya dengan taipan Jack Ma, termasuk kepemilikan saham di Alibaba Pictures Group.

Namun, ada rumor juga yang menduga hilangnya eksistensi Vicky Zhao adalah imbas kebijakan baru pemerintah yang mengatur fanpage para selebriti di jagat maya. Semua pihak juga dilarang meranking pesohor berdasarkan popularitasnya untuk menekan kesenjangan sosial.

"Di bawah presiden Xi Jinping, partai Komunis China menjadi lebih terobsesi terhadap kontrol ideologi dan budaya. Pesona para bintang dan maraknya fandom dianggap sebagai sebuah bahaya, pengaruh buruk terutama bagi generasi muda China," bunyi peraturan Cyberspace Administration of China (CAC) dikutip dari CNN.

"Selama beberapa dekade, pertumbuhan ekonomi tinggi adalah pilar kunci legitimasi partai. Di saat ekonomi China melambat, Xi mendorong perlunya kemakmuran umum dan berjanji mendistribusikan kemakmuran, sehingga selebriti berpendapatan tinggi dan taipan teknologi jadi yang pertama menanggung beban," tambahnya.

Tidak hanya Vicky Zhao, aktor Zhang Zhenhan yang bernaung di agensi milik Vicky Zhao juga masuk daftar hitam setelah ia berfoto di depan Kuil Tasukuni, Jepang pada 2018 silam.

Kuil Yasukuni merupakan bentuk penghormatan tentara Jepang yang tewas dalam pertempuran negara. Bangunan itu pun menjadi hal sensitif bagi China karena menjadi titik kontak politik.

Belakangan beredar kabar pula bahwa aktor laga Jet Li juga masuk target daftar hitam selanjutnya.

Meski belum bisa dipastikan, kemungkinan Jet Li akan diberangus dari internet lantaran ia memiliki kewarganegaraan Singapura. Ketentuan dari Administrasi Radio dan Televisi Nasional China akan membatasi artis-artis yang memiliki kewarganegaraan asing.

(dia/fik)
Tonton juga video berikut:
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
UPCOMING EVENT Lebih lanjut
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER