Sayembara Lukisan Vanessa Angel Berhadiah Rp5 Juta Dikritik Seniman

Yogi Alfian - INSERTLIVE
Sabtu, 24 Jul 2021 21:30 WIB
Vanessa Angel
Jakarta, Insertlive -

Vanessa Angel mencuri perhatian netizen usai menggelar sayembara lukisan foto keluarganya dengan hadiah senilai Rp5 juta. Sikap sang artis justru dinilai dapat merugikan pelukis yang mengikuti sayembara tersebut.

Dalam keterangannya, istri Bibi Ardiansyah itu berjanji akan memberikan uang Rp5 juta bagi lukisan yang ia suka. Selain itu, ia juga akan memberikan hadiah Rp250 ribu bagi netizen yang mau merekomendasikan pelukis pada dirinya.

Ketua Komite Seni Rupa Dewan Kesenian Jakarta, Aidil Usman angkat bicara soal sayembara yang dibuat oleh Vanessa Angel.


Saat dihubungi InsertLive pada Sabtu (24/7), Aidil Usman merasa sayembara tersebut sangat tidak pantas diikuti. Dengan hadiah Rp5 juta, ia merasa seniman bisa mengorbankan harga diri, waktu, dan uang.

"Iya, ini juga tidak layak. Mestinya dia langsung pesan sendiri ke pelukisnya. Kan banyak pelukis yang jago bikin lukisan potret keluarga gitu. Kalau dia mau bikin sayembara sah-sah saja kalau hadiahnya besar. Kalau cuma Rp5 juta siapa yang mau ikut? Nggak mungkinlah pelukis menggadaikan harga dirinya untuk hadiah segitu, apalagi yang dilukis figur artis tersebut," ungkap Aidil Usman.

Daripada mengikuti sayembara tersebut, Aidil Usman mengimbau para pelukis lebih baik mengikuti perlombaan yang secara resmi digelar di Indonesia.

"Sayembara lukisan dan lomba lukisan itu ada beberapa yang diadakan di Indonesia. Tapi ada tema yang diarahkan oleh panitia penyelengara dan ada tim juri penilai. Seperti UOB Painting Of The Year yang diadakan oleh Bank Swasta di Indonesia," jelas Aidil Usman.

Aidil Usman juga menilai bahwa Vanessa Angel hanya berusaha menaikkan eksistensi dirinya di media sosial.

"Aku pikir dia pengin cari panggung baru aja di dunia seni rupa. Tapi caranya nggak tepat aja bahkan nanti cenderung di-bully dianya, atau dia nggak punya pergaulan dalam dunia seni rupa. Jadi cara yang dilakukan aku pikir konyol. Membuat sayembara atas nama sendiri, ya bisa disebut narsis dan tidak punya orientasi di bidang seni rupa," tutup Aidil Usman.

Vanessa Angel sejuah ini belum memberikan keterangan lebih lanjut terkait sayembara yang ia buat melalui Instagram tersebut.

(yoa/yoa)
Tonton juga video berikut:
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER