Indra Rudiansyah, Pemuda Indonesia di Balik Vaksin AstraZeneca

YOA - INSERTLIVE
Senin, 19 Jul 2021 11:23 WIB
Indra Rudiansyah
Jakarta, Insertlive -

Sosok pemuda Indonesia bernama Indra Rudiansyah kini tengah disorot usai terungkap bahwa ia adalah salah satu orang di balik terciptanya vaksin COVID-19 jenis AstraZeneca.

Indra Rudiansyah adalah mahasiswa Universitas Oxford yang bertugas di bawah naungan tim Jenner Institute pimpinan Profesor Sarah Gilbert, Ilmuwan Inggris yang mendapat standing ovation saat hadir di laga pembuka kejuaraan tenis akbar Wimbledon 2021.

Tim Jenner Institute dan Oxford Vaccine Group bekerja sama menguji vaksin virus corona di Pusat Vaksin Oxford sejak 20 Januari 2020.


Indra Rudiansyah bergabung karena awalnya lab penelitian kekurangan orang dan membutuhkan tenaga bantuan.

Pada momen itulah pemimpin proyek vaksin membuka pintu bagi siapa pun yang ingin bergabung, dan Indra Rudiansyah masuk ke tim untuk membantu uji klinis.

Kini nama Indra Rudiansyah berhasil menjadi sorotan di Twitter. Budiman Sudjatmiko yang merupakan seorang politisi pun ikut bersuara tentang sosok pemuda tersebut.

"Selamat & terimakasih, Indra Rudiansyah, yg tak lupa menyebut dirinya dr Indonesia sbg bagian tim riset Vaksin Oxford AstraZeneca. Panjang Umur, Kemanusiaan! Panjang Umur, Ilmu Pengetahuan! BTW aku kangen aksen British ini," tulis Budiman Sudjatmiko.

Selain Budiman Sujatmiko, ada Zubairi Djoerban yang merupakan ketua Satgas Penanganan COVID-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang juga ikut bersuara dan bangga dengan Indra Rudiansyah.

"Saya akan mengingat namanya: Indra Rudiansyah, mahasiswa S3 Program Clinical Medicine, Jenner Institute, Universitas Oxford. Indra adalah bagian dari tim Sarah Gilbert, penemu Vaksin AstraZeneca yang menyerahkan hak paten temuannya itu. Salut," ungkap Zubairi Djoerban.

Indra Rudiansyah juga bisa dibilang merupakan pemuda yang sangat berprestasi. Ia menjadi lulusan Program Beasiswa Plus Djarum atau yang disebut dengan Beswan Djarum 2011-2012. Beasiswa tersebut diberikan kepada para mahasiswa berprestasi yang tengah menempuh pendidikan S1 atau D4.

(yoa/fik)
Tonton juga video berikut:
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER