Jawaban Menohok Luna Maya Saat Didesak Kartika Putri soal Kapan Nikah

ikh - INSERTLIVE
Kamis, 10 Jun 2021 13:25 WIB
Kartika Putri dan Luna Maya
Jakarta, Insertlive -

Kartika Putri berbincang dengan Luna Maya dalam tayangan di YouTube. Dalam perbincangan itu ada banyak hal yang dibahas Kartika bersama Luna.

Namun yang paling menarik ketika Kartika menceritakan bagaimana dirinya pertama kali yakin menikah dengan Habib Usman bin Yahya, Namun saat sedang asyik cerita soal rumah tangga, Kartika malah menyuruh Luna untuk buru-buru nikah.

"Mbak buru-buru deh mbak, enak tahu nikah mbak, beneran," ujar Kartika dalam tayangan di YouTube TS Talks, Kamis (10/6).


Luna lantas memberikan penjelasan soal kenapa dirinya belum menikah hingga sekarang ini. Luna mengaku ingin menikah namun merasa belum cukup beruntung seperti Kartika.

"Sebenarnya bukan nggak mau. Nggak semua orang tuh seberuntung kamu," ungkap Luna.

Mantan Ariel Noah ini juga merasa bahwa tak semua orang bisa dengan mudah menemukan pasangan. Luna tak ingin sembarangan memilih pasangan yang ujung-ujungnya malah berakhir di perceraian.

"Menurut aku tuh orang yang punya persepsi 'Udah ayo nikah, enak kok', mungkin itu orang yang punya keberuntungan dan punya pasangan yang tepat, seperti yang kamu rasakan sekarang ini. Tapi mungkin ada juga orang yang mendengar omongan kamu, 'Oh ya udah deh gue asal nikah aja', ternyata yang dipilih bukan orang tepat," kata Luna.

Luna percaya bahwa segala sesuatu pasti membutuhkan proses. Selain itu Luna juga percaya bahwa setiap orang pasti melalui proses yang berbeda-beda. Hal itu pula yang menjadi pegangan Luna dalam mencari jodoh.

"Perlu proses, kamu kenalan sama habib juga nggak langsung nikah kan, ada prosesnya juga, aku tahu. Jadi sebenarnya kan di awal itu nggak gampang untuk menyesuaikan berpasangan. Aku berprinsip gini aja sih, aku pikir sekarang ini 'kenapa ya kok belum juga ya?', ternyata memang setiap orang tuh punya waktunya masing-masing, dan punya rezekinya masing-masing, jadi beda-beda," ujar Luna.

"Ada temanku yang menikah di umur 19 tahun, terus dua tahun kemudian bercerai, tapi nikah lagi, malah lebih bahagia sama suami yang baru. Jadi memang ini jalan hidup berbeda-beda yang harus aku terima," sambungnya.

Luna merasa memilih pasangan yang tepat menjadi landasan dasar untuk melaksanakan pernikahan.

Luna tak ingin pernikahan yang seharusnya menjadi ibadah justru malah mendatangkan masalah yang tak diinginkan.

"Maaf aku punya pendirian bahwa gue mendingan telat nikah, tapi gue harus ketemu orang yang benar-benar bisa saling melengkapi, bukan cuma sekedar kayak 'Oh nikah itu ibadah', betul nikah itu ibadah, tapi dengan orang yang tepat juga. Pada saat kita menikah dengan orang yang tidak tepat, pernikahan itu menurut aku tidak akan menjadi ibadah," urainya. 

Jawaban yang diberikan Luna terdengar sangat sopan dan elegan mengingat pertanyaan 'kapan nikah' yang diajukan oleh Kartika Putri merupakan terbilang kurang sopan serta ofensif.

Kemudian, dia juga mengingatkan bila terburu-buru menikah dan mendapatkan pasangan yang tidak cocok justru hanya akan membuat hidup jadi runyam dan pernikahan pun tidak menjadi ladang ibadah. 

"Karena apa, lo berantem terus, capek nggak sih, dan anak-anak akan melihat itu, terus kita akan tidak nyaman satu sama lain, jadi dimana ibadahnya. Ibadah itu dimana saat kita menjalankan pernikahan dengan sukacita, dengan ketulusan, kenikmatan, bahwa lu adalah orang yang tepat untuk membuat gue lebih baik, dan gue adalah orang yang tepat untuk lo menjadi orang yang lebih baik," tutup Luna.

(ikh/syf)
Tonton juga video berikut:
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER