Estafet Obor Olimpiade Tokyo di Perahu Tradisional Jepang, Chintoro

kpr - INSERTLIVE
Rabu, 07 Apr 2021 22:30 WIB
Olimpiade Tokyo
Jakarta, Insertlive -

Estafet Obor Olimpiade Tokyo telah dimulai sejak Kamis (25/3). Kini Estafet Obor telah memasuki hari ke-13. Saat ini obor tersebut telah diarak di atas sebuah perahu tradisional yang didekorasi bernama Chintoro.

Pelari pertama yang menjadi pembawa obor tersebut adalah Azusa Iwashimizu. Ia merupakan pemain utama dalam tim sepak bola Jepang yang memenangkan Piala Dunia Wanita tahun 2011 lalu.

Azusa pun membawa obor tersebut di atas kapal Chintoro selama Estafet Obor Olimpiade Tokyo di Handa, Aichi, Jepang pada Selasa (6/4) waktu setempat.

Awalnya, wanita dilarang menaiki perahu Chintoro ini. Hal ini dikarenakan perahu ini berasal dari Era Edo (1603-1868). Jepang memiliki keyakinan bahwa wanita dilarang memasuki tempat-tempat yang dianggap sakral, seperti halnya dohyo, ring tempat pertandingan gulat sumo diadakan.


Namun kini larangan tersebut telah dicabut lantaran mengecualikan perempuan termasuk melanggar prinsip kesetaraan gender dalam acara olahraga global tersebut.

Estafet Obor Olimpiade Tokyo ini akan dilakukan selama 121 hari perjalanan melintasi Jepang, dan akan berakhir pada 23 Juli mendatang.


(kpr/kpr)
Tonton juga video berikut:
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER