Andika Mahesa Ungkap Kesulitan Makan Saat Positif Covid-19

Daris - INSERTLIVE
Kamis, 14 Jan 2021 21:00 WIB
Andika Mahesa
Jakarta, Insertlive -

Andika Mahesa berbagi pengalaman ketika dinyatakan positif terjangkit Covid-19.

Andika mengaku kini sudah sehat usai menjalankan isolasi mandiri.

Pria yang juga punya julukan Babang Tamvan ini awalnya tak sadar telah terjangkit Covid-19.


"Iya benar, jadi awal gue periksa itu di rumah sakit yang berbeda, gue menyangka tidak Covid karena tidak batuk, tidak pilek, mungkin itu orang tanpa gejala," ungkap Andika di studio Trans TV, Tendean, Jakarta Selatan, Kamis (14/1).

Andika pun sempat merasakan sejumlah gejala mulai dari kesulitan makan hingga tak bisa mencium bau sebelum tahu pasti terjangkit Covid.

"Gue kesulitan untuk makan, leher gue kayak kecekik, tapi gue tetap nggak batuk, cuman radang tenggorokan gitu, makan itu nggak ada yang bisa masuk karena muntah terus, itu yang pertama yang gue alamin," kata Andika.

"Yang kedua itu pandangan mata mulai kabur, yang ketiga itu nggak bisa cium, orang bau masak apa aja itu nggak kecium. Akhirnya gue berangkat lagi ke rumah sakit, swab lagi dan ternyata positif," lanjut Andika.

Vokalis Kangen Band ini juga memberikan saran bagaimana menjaga kondisi tubuh ketika positif Covid.

Salah satu yang paling penting menurut Andika adalah dengan menjaga pola makan.

"Paksakan makan, karena makan itu yang bahaya, karena kita nggak mau makan, bawaannya pengin muntah terus, kemudian jangan malas untuk berjemur, sama rebus air yang dikasih minyak kayu putih, buat penciuman biar bisa menghirup," kata Andika.

Andika juga berujar bahwa kehadiran vaksin jangan sampai membuat orang-orang mulai menyepelekan Covid-19 dan lalai menjalankan protokol kesehatan.

"Dari kita dulu yang jangan ngeyel, kalau kita ngeyel ya susah lah, mau berapa banyak vaksin yang dikirim dari luar juga kalau orang Indonesia ngeyel ya sulit," tutup Andika.

[Gambas:Video Insertlive]



(ikh/ikh)
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER