Cara Bersihkan 3 Jenis Masker untuk Penangkal Corona

DIS - INSERTLIVE
Sabtu, 21 Nov 2020 12:30 WIB
Pengrajin Songkok Bambu Beralih Produksi Face Shield
Jakarta, Insertlive -

Menggunakan pelindung wajah di tengah pandemi corona sangatlah penting untuk mengurangi penyebaran virus Corona. Pelindung wajah dapat menghalangi penularan COVID-19 melalui droplet saat seseorang batuk, bersin, maupun berbicara.

Masyarakat pun mengenal ada 3 jenis pelindung wajah, yakni masker kain, masker medis, dan face shield. Setiap pelindung wajah harus dibersihkan dan disanitasi secara teratur. Berikut adalah caranya seperti dikutip dari detikHealth.

1. Masker Kain

Meski bisa dipakai berulang, namun masker kain juga harus dicuci secara rutin. Masker kain sebaiknya tidak digunakan lebih dari 4 jam. Bila mencuci masker kain, cucilah tangan Anda terlebih dahulu, kemudian lepaskan maskernya. Hati-hati agar tidak menyentuh mata, hidung, dan mulut.


Untuk cara mencucinya, pertama adalah gunakan air panas dengan suhu 60-65 derajat celcius (bila mungkin). Tambahkan deterjen dan rendam masker beberapa saat. Kucek hingga kotoran luruh, lalu bilas hingga busanya hilang. Selanjutnya keringkan di bawah sinar matahari dan setrika dengan suhu panas agar bakterinya mati.

2. Masker Medis

Masker medis atau masker N95 dirancang khusus untuk sekali pakai. Meski demikian masker jenis ini bisa dipakai ulang jika diinfeksi dengan benar, misalnya menggunakan UVC atau uap hidrogen peroksida.

Namun bila masker kotor, sobek, atau basah, sebaiknya langsung dibuang. Setelah dibersihkan, masker medis bisa disimpan di dalam wadah kertas yang tidak terkontaminasi.

3. Face Shield

Untuk membersihkan face shield atau pelindung wajah, bersihkan bagian dalam terlebih dulu menggunakan kain bersih yang dibasahi dengan larutan deterjen netral atau lap pembersih.

Setelah itu, seka bagian luar dengan menggunakan lap disinfektan atau kain bersih yang dibasahi larutan disinfektan. Kemudian seka bagian luar dengan air bersih atau alkohol untuk menghilangkan reside dan biarkan mengering.

Itulah beberapa cara membersihkan pelindung wajah guna menangkal penyebaran virus Corona. Ingat selalu, jangan cuma dibersihkan, tapi juga harus dipakai terutama saat bepergian ke luar rumah.

Ingat Pesan Ibu untuk selalu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan sesering mungkin seperti kampanye yang dilakukan oleh Satgas COVID-19.

[Gambas:Video Insertlive]



(dis/dis)
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER