Sembarangan Petik Bunga Edelweis, Ditegur Tapi Wanita Ini Malah Ngegas

Agustin Dwi Anandawati - INSERTLIVE
Rabu, 16 Sep 2020 18:32 WIB
Sembarangan Petik Bunga Edelweis, Wanita Ini Malah Ngegas Sembarangan Petik Bunga Edelweis, Ditegur Tapi Wanita Ini Malah Ngegas (Foto: Instagram/ini.acehku •)
Jakarta, Insertlive -

Sebuah video mendadak viral di media sosial. Video itu berisi seorang perempuan yang dengan santai memetik bunga edelweis.

Kejadian itu direkam oleh seorang pria. Ia menegur perempuan berhijab itu yang baru saja memetik bunga edelweis. Kejadian itu terjadi ketika pria tersebut menjaga di Pos 5 Bulak Peperangan menuju ke Gupak Menjangan.

Dalam keterangannya, perempuan tersebut tengah mendaki Gunung Lawu, Jawa Tengah, pada Minggu (13/9) lalu.


"Mbak kok metik mbak? Kata siapa boleh?," kata pria yang merekam video.

"Itu kata mas nya," jawab perempuan pemetik bunga abadi tersebut.

Namun saat pria tersebut memberikan peringatan dan mengingatkan perempuan itu untuk tidak memetik bunga edelweis, pendaki tersebut justru memberikan jawaban tak terduga.

Perempuan yang masih menggendong tas gunungnya itu hanya berjalan berlalu begitu saja sambil menyebut ia hanya mengambil sedikit bunga edelweis.

"Kembaliin mbak, loh mbak udah ada Undang-undangnya loh mbak kembaliin mbak," pinta pria perekam video.

"Sedikit (ambil bunga edelweisnya)," jawab perempuan tersebut.

[Gambas:Instagram]


Seperti yang diketahui bunga edelweis atau bunga abadi adalah salah satu tumbuhan yang dinilai langka dan dilindungi oleh Undang-undang.

Mereka yang nekat memetik bunga edelweis dikenakan sanksi pidana 1 tahun penjara dan denda maksimal Rp50 juta seperti yang tercantum dalam UU Nomor 41 Tahun 1999.

Sementara itu bunga edelweis dilindungi oleh Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 Pasal 33 ayat 1 dan 2 tentang Konservasi Sumber Daya Hayati dan Ekosistem.

[Gambas:Video Insertlive]



(agn/fik)
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER