Sepatu Butut Dilelang sampai Miliaran Rupiah, Ada yang Tertarik?

DIS - INSERTLIVE
Jumat, 19 Jun 2020 16:13 WIB
Sepatu Nike butut yang dijual miliaran rupiah.
Jakarta, Insertlive -

Sepasang sepatu berwarna putih buatan tangan pada awal tahun 1970-an yang terlihat sudah butut segera dilelang dengan harga US$150 ribu atau setara dengan Rp2,1 miliar.

Harga mahal untuk sepatu butut ini ternyata memiliki kisah menarik karena merupakan sepatu pertama yang dibuat oleh Bill Bowerman, salah satu pendiri Nike dan pelatih atletik legendaris di University of Oregon.

Sepatu putih tersebut dilelang di situs lelang ternama di Amerika Serikat, Sotheby.


Mereka mengatakan bahwa sepatu butut menjadi kerajinan tangan pertama dan satu-satunya oleh Bill Bowerman yang pernah muncul di situs pelelangan.

Sepatu tersebut dibuat oleh Bill Bowerman untuk John Mays, pelari di tim trek Bowerman.

Selama ini, sepasang sepatu hasil tangan Bowerman disimpan oleh John Mays di Arsip Perpustakaan Knight di Universitas Oregon.

"Suatu hari, Bill memintaku untuk membantunya menguji spike atau paku baru yang ia rancang dan tentu aku akan bersemangat untuk dipilih," ujar John Mays, dikutip dari Sotheby.

Alasan sepatu ini sangat berharga karena sepatu ini menjadi penanda inovasi pertama bagi perusahaan pertama Bill Bowerman, Blue Ribbon Sports di tahun 1964 ketika bermitra dengan Phil Knight.

Pelelangan sepatu butut akan berlangsung mulai Rabu 17 Juni 2020 hingga 26 Juni 2020 mendatang.

Pihak Sotheby mengatakan bahwa sepatu tersebut menjadi barang berharga yang pernah ditawarkan setelah sepasang sepatu Air Jordan 1 karya Michael Jordan seharga US$ 560 ribu atau setara dengan Rp7,9 miliar.

(dis/des)
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER