Daniel Radcliffe Bantah Cuitan JK Rowling Soal Transgender

ikh - INSERTLIVE
Selasa, 09 Jun 2020 18:03 WIB
Daniel Radcliffe
Jakarta, Insertlive -

Pemeran Harry Potter, Daniel Radcliffe mengomentari cuitan JK Rowling soal transgender. Cuitan tersebut merupakan komentar Rowling terhadap artikel soal kerentanan wanita dan kaum transgender yang mengalami menstruasi di masa pandemi Corona.

Dalam sejumlah cuitan di Twitter, Rowling menyatakan bahwa kaum transgender yang mengalami menstruasi mungkin punya sebutan tertentu. Cuitan tersebut yang lantas menyinggung dan menuai kecaman dari banyak pihak. 

"'Orang yang menstruasi. Saya yakin ada penggunaan kata untuk orang-orang itu. Seseorang bantu saya. Wumben? Wimpund? Woomud?" tulis Rowling di Twitter, Selasa (9/6).


Radcliffe kemudian menyampaikan tanggapan lewat sebuah esai yang diunggah ke The Trevor Project. Dalam esai tersebut Radcliffe membantah pernyataan Rowling soal kaum transgender yang tak bisa mengalami menstruasi.

"Transgender perempuan juga perempuan," ujar Radcliffe dalam esai tersebut dilansir dari NME, Selasa (9/6).

Selain itu Radcliffe juga menyampaikan soal data 78 persen kaum transgender yang kerap mengalami diskriminasi terkait identitas mereka. Radcliffe merasa bahwa Rowling bukan ahli kesehatan profesional yang berhak memberikan komentar seperti itu.



"Pernyataan apapun yang berlawanan (dengan transgender) menghapus identitas dan martabat masyarakat transgender dan bertentangan dengan seluruh saran yang diberikan oleh asosiasi kesehatan profesional yang jauh lebih ahli soal ini dibanding saya maupun Jo (JK Rowling). Jelas bahwa kita perlu melakukan lebih banyak untuk mendukung kelompok transgender dan non-biner, bukan memvalidasi identitas mereka, dan bukan menyebabkan bahaya yang lebih jauh," lanjut Radcliffe.

Aktor berusia 30 tahun itu tentu sadar bahwa apa yang disampaikan akan bertolak belakang dengan pemikiran Rowling. Ia juga mengaku tak ingin memiliki hubungan yang buruk dengan Rowling. Namun Radcliffe merasa harus menyampaikan hal ini agar transfobia tidak menjadi hal yang wajar.

"Dalam pendapat saya, tak ada siapa pun yang bisa menyentuh itu. Itu bermakna sesuai dengan apa yang kalian rasakan, dan saya berharap komentar-komentar itu tidak akan terlalu menodai hal tersebut. Sebagai seseorang yang telah diberikan kehormatan untuk bekerja dengannya dan berlanjut untuk berkontribusi dalam The Trevor Project selama sedekade terakhir, dan sebagai seorang manusia, saya merasa terdorong untuk mengatakan sesuatu saat ini," kata Radcliffe.

[Gambas:Video Insertlive]



(ikh/fik)
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER