Positif Corona, Legenda Jazz Afrika Manu Dibango Meninggal Dunia

Dini Astari - INSERTLIVE
Rabu, 25 Mar 2020 13:31 WIB
Positif Corona, Legenda Jazz Afrika Manu Dibango Meninggal Dunia Manu Dibango meninggal karena Corona (Foto: Twitter/BBCNews)
Jakarta, Insertlive - Legenda jazz Afrika terkenal dunia, Manu Dibango meninggal dunia di usia 86 tahun pada Selasa (24/3). Kematian Manu Dibango dikabarkan karena terjangkit virus Corona di Prancis.

"Dengan sangat sedih kami mengumumkan kehilangan Manu Dibango, Papy Groove kami, yang meninggal pada 24 Maret 2020, pada usia 86 tahun, lebih jauh dari Covid 19," bunyi pernyataan di halaman Facebook Dibango.



Manu Dibango sendiri lahir di Kemerun dan tiba di Prancis pada awal 1950-an. Ia belajar jazz dan saksofon di kota Reims, tempat dia mulai bermain di sebuah klub.

Pada awal 1960-an, gaya bermain musik Dibango condong pada ritme Afrika saat berkolaborasi dengan musisi asal Kongo yang tinggal di Brussels.

Lalu pada akhir 1960-an, Dibango membuat bandnya sendiri. Ia bermain bersama musisi Prancis dan menciptakan lagu terkenal berjudul Soul Makossa pada 1972. Berkat lagu itu, nama Dibangu mulai dikenal dunia dan lagunya diintrepretasi oleh musisi lain.

Manu Dibango baru divonis terinfeksiĀ Corona pada awal bulan Maret ini. Meninggalnya Dibango ini juga menjadikannya musisi kedua yang meninggal karena Corona menyusul DJ Black N Mild lebih dulu tewas karena Corona pada Jumat (20/3) lalu.
(dia/dia)
KOMENTAR
POPULER