Klarifikasi Panti Asuhan Bhakti Luhur soal Isu Jual-Beli Bayi

fik - INSERTLIVE
Kamis, 05 Mar 2020 13:00 WIB
Klarifikasi Panti Asuhan Bhakti Luhur soal Isu Jual-Beli Bayi
Jakarta, Insertlive - Jagat maya dihebohkan dengan akun Instagram yang memperdagangkan bayi. Akun bernama @jualbelibayisekarang itu memajang foto-foto bayi dan menjelaskan bahwa anak-anak itu sudah tak dikasih makan orang tuanya karena tak mampu membiayai. Dan orang tua si bayi menyerahkan si anak ke panti untuk dijual atau diadopsi.

Namun, akun tersebut menggunakan foto bayi kembar adik Raffi Ahmad, Syahnaz. Melihat foto anaknya dipakai di akun tersebut, Syahnaz sangat marah. Begitu juga Raffi Ahmad yang tak terima foto keponakannya dipakai pihak tak bertanggung jawab. Sejumlah akun gosip juga mengunggah akun jual bayi tersebut. 

Di sisi lain, akun jual-beli bayi itu menggunakan nama Panti Asuhan Bhakti Luhur, Surabaya. Pihak yayasan langsung membantah soal panti asuhannya menjadi tempat penitipan bayi yang akan dijual atau diadopsi, seperti yang tertulis dalam akun @jualbelibayisekarang.

Bantahan tersebut disampaikan Suster Christina, Kepala Panti Asuhan Bhakti Luhur melalui pesan singkat kepada Insertlive, Kamis (5/3). Ia mengaku terkejut saat dikirimkan gambar-gambar bayi itu dari temannya.

[Gambas:Instagram]


"Maaf kami benar-benar tidak tahu dan tidak kenal dengan foto-foto bayi ini, kami sangat kaget karena mendapat kiriman foto ini dari teman," katanya menjelaskan.

Ia pun belum bisa bicara banyak soal tersebut karena sedang dalam menjalani kegiatan di luar. Hanya saja, melalui akun Instagram, Yayasan Bhakti Luhur memberikan klarifikasi soal akun yang menyertakan nama mereka terkait jual-beli bayi. Mereka menyatakan bahwa itu adalah hoax.

"1.tidak benar ada kegiatan jual-beli yg dilakukan oleh panti asuhan bhakti luhur surabaya. 2. foto yang digunakan bukan merupakan anak asuh dari panti asuhan bhakti luhur surabaya," tulis keterangan tersebut.

Kemudian, pihak Panti Asuhan Bhakti Luhur menjelaskan bahwa mereka tidak memperbolehkan adopsi anak.

"3.panti asuhan bhakti luhur surabaya tidak pernah memperbolehkan adopsi anak, di mana anak asuh dibawa & bertempat tinggal di rumah orangtua asuh, yang ada hanyalah adopsi finansial, di mana anak asuh tetap bertempat tinggal di panti asuhan bhakti luhur," ujar pihak panti asuhan dalam klarifikasinya.



[Gambas:Video Insertlive]



(fik/fik)
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER