Komunitas LGBT Indonesia Diserang karena Kasus Reynhard Sinaga

nap - INSERTLIVE
Rabu, 15 Jan 2020 14:36 WIB
Banyaknya komunitas LGBT yang diserang dan dihujat setelah kasus Reynhard Sinaga muncul ke media. Mereka akui orientasi seksual jadi penyebab mereka di serang.
Jakarta, Insertlive - Kelompok hak asasi yang ada di Indoneisa, menyuarakan keprihatinan mereka atas kasus yang menimpa Reynhard Sinaga.

Mereka juga memerintahkan pemerintah setempat untuk melakukan penggerebekan untuk mengungkap perilaku LGBT di Indonesia.

Walikota Depok yaitu Muhammad Idris mengaku hal yang berhubungan dengan LGBT ini sangat meresahkan.


Ia meminta beberapa lembaga untuk meningkatkan upaya pencegahan penyebaran LGBT untuk melindungi anak-anak. Beberapa razia juga sudah dilakukan di beberapa tempat, kecuali di provinsi Aceh.

Tapi, koalisi dari 16 LGBT dan kelompok HAM termasuk beberapa orang lainnya mengeluarkan pernyataan bahwa orientasi seksual seseorang tidak bisa dijadikan alasan untuk menuduh orang lain yang tidak bersalah.

"Kekerasan seksual dapat dilakukan kepada siapapun tanpa memandang apapun. Menyalahkan orientasi seksual karena tindakan kriminal seseorang adalah upaya untuk menimbulkan kebencian orang-orang terhadap kelompok LGBT." ucap Koalisi 16 LGBT kepada The Guardian.

Lini Zurlia, aktivis hak asasi di Jakarta mengaku komunitas LGBT sebenarnya sudah hancur "Sejak kasus ini dipublikasikan, saya secara pribadi akui jika banyak kaum LGBT yang dihujat" ucapnya.

Hal paling menyedihkan adalah media fokus terhadap orientasi seksual Reynhard Sinaga dibanding kasus pemerkosaan tersebut. Ini sangat mempengaruhi berbagai kaum LGBT karena mendapatkan serangan emosional dari orang-orang yang menentang termasuk keluarga mereka.

[Gambas:Video Insertlive]

(nap/des)
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER