Ari Lasso Bongkar Perjanjian Hebat Bikinan Ahmad Dhani

SYAFRINA SYAAF - INSERTLIVE
Jumat, 08 Nov 2019 08:06 WIB
Ari Lasso Bongkar Perjanjian Hebat Bikinan Ahmad Dhani
Jakarta, Insertlive - Dewa 19 merupakan jejak karya seorang Ahmad Dhani yang mengagumkan.

Selain kemampuan bermusik yang luar biasa semua personel, tak bisa dimungkiri bahwa tangan dingin Ahmad Dhani yang berperan besar mengantarkan Dewa 19 mencapai kesuksesan. 

Tak hanya andal dalam membuat musik dan menciptakan lagu, Dhani juga cerdas dalam memformulasikan sebuah sistem hak cipta yang menguntungkan musisi.

Ari Lasso secara gamblang membeberkan bahwa dia dan Dhani pada tahun 2003 pernah membuat kesepakatan mengenai pemakaian lagu saat seorang musisi pentas.



"Sebuah pujian untuk Dhani, Dhani tuh cukup visioner. Jadi, begini ketika gue keluar dari Dewa tahun 2000, kemudian gue rekonsiliasi dengan Dhani. Dhani pun membuatkan lagu buat gue untuk album kedua gue Rahasia Perempuan yang ngetop banget," jelas Ari Lasso saat sesi broadcast pada chanel YouTube Deddy Corbuzier.

Lagu yang ditulis Dhani untuk Ari tersebut adalah Jika Aku Bukanlah Aku.

"Kala itu, Dhani dan aku membuat deal, yang belum pernah dilakukan oleh siapapun, mungkin di seluruh dunia,ini idenya Dhani. Dia bilang, 'Ri aku tuh udah sering bikin lagu untuk orang dan penyanyinya menjadi kaya banget dari lagu-laguku, tapi aku enggak dapat apa-apa dari pementasan mereka'," imbuhnya.

Ari mengatakan bahwa sebagai pencipta lagu Dhani hanya mendapatkan royalti.

Kesepakatan yang digagas Dhani pada Ari adalah ketika Ari manggung menyanyikan lagu ciptaan Dhani, maka Dhani berhak mendapatkan bayaran dari penampilan tersebut.

"Buat gue itu (perjanjian bersama Dhani) make sense, tidak mahal kok, hanya ratusan ribu, satu lagu ratusan ribu," sebutnya.

Ari pun menyetujui keinginan Dhani dengan mengimplementasikan sistem pembayaran yang sudah disepakati berdua.

"Gue teratur dulu, gue laporin setiap bulan berapa kali, gue transfer ke dia, meski pas udah tahun ke sekian enggak pernah lagi, hahahaha... Dia (Dhani) enggak apa-apa juga sih," candanya sembari tertawa santai.

Ari Lasso Bongkar Perjanjian Hebat Bikinan Ahmad DhaniFoto: Daaris Nurrachmah


Perjanjian bikinan Dhani dan Ari Lasso ini sekarang populer dengan nama Performance Rights dan baru populer di Indonesia semenjak awal 2019.

Sementara, mantan suami Maia Estianty tersebut telah mencetuskan ide dan praktik sistem hak cipta serupa dari awal 2000-an silam.

"Waktu itu tahun 2000 awal, belum ada performing rights," pungkasnya.

[Gambas:Video Insertlive] (des/des)
KOMENTAR
POPULER