Hamish Daud Jadi Artis Demi Selamatkan Laut Indonesia dari Sampah

Sekar Viola - INSERTLIVE
Jumat, 11 Oct 2019 22:22 WIB
Hamish Daud Jadi Artis Demi Selamatkan Laut Indonesia dari Sampah
Jakarta, Insertlive - Hamish Daud saat ini sedang fokus menjadi aktivis dalam sebuah gerakan lingkungan. Gerakan yang diberi nama Indonesia Ocean Pride itu berusaha untuk menjaga kelestarian laut di Indonesia.

Pria berusia 39 tahun itu mulai aktif mengajar anak-anak kecil dan orang dewasa tentang spesies di lautan yang terancam hampir punah. Hal itu dilakukan Hamish agar dapat membuka mata masyarakat.

"Mungkin saja mereka hanya akan bisa melihat ikan melalui konten digital saat mereka nanti ke laut, jadi ini salah satu edukasi yang menarik dan efektif, apa lagi pendidikan itu punya peran yang sangat penting untuk saat ini," kata Hamish saat ditemui di Gandaria City, Jakarta, Jumat (11/10).

Hal yang juga menjadi pokok pembahasan Hamish adalah persoalan sampah. Menurut Hamish masih banyak masyarakat Indonesia yang kurang peduli terhadap sampah.

"Sampah itu hot topic, tapi banyak orang tidak tahu tentang sampah, yang penting hanya rumah mereka yang bersih, makanya saya garap semua masalah tentang sampah yang orang tidak tahu, saya akan bagi informasi soal bahaya bakteri dan penyakit," kata Hamish.

Hamish juga berharap semakin banyak masyarakat yang mengurangi penggunaan plastik. Karena menurut Hamish, sampah plastik masih bisa didaur ulang agar tidak menjadi sampah.

Selain itu Hamish juga berusaha mengajak masyarakat untuk lebih peduli dengan laut. Ia melakukan segala cara agar bisa membagikan informasi soal laut ke masyarakat.

"Saya pengen balikin masyarakat ke laut, karena kita negara maritim, caranya saya bagikan informasi lewat film dokumenter dan mengajar di sekolahan, yang pasti basic gerakan kita adalah pendidikan agar orang lebih cinta sama lautan," kata Hamish.

Hamish DaudHamish Daud/ Foto: Sekar Viola

Kekayaan laut Indonesia tak bisa diungkapkan Hamish lewat kata-kata. Bahkan belum lama ini ada penemuan sejumlah spesies baru di laut Indonesia.

"Kekayaan laut kita itu luar biasa loh, baru minggu lalu kita temukan 10 spesies baru, dan kita nggak akan berhenti untuk garap, cari tahu dan menjaga," ujar Hamish.

Salah satu tujuan suami Raisa ini datang ke Jakarta adalah karena laut. Ia juga mengaku menjadi artis karena ingin bisa terkenal dan mengajak orang untuk peduli dengan laut.

"Saya ke Jakarta bukan untuk jadi artis tapi untuk dapatkan suara biar bisa selamatkan laut kita," kata Hamish.

[Gambas:Video Insertlive]

(ikh/ikh)
KOMENTAR
POPULER